Setiap perusahaan tentunya selalu ingin berhasil dalam kegiatan pemasaran atas produk atau jasa. Dalam hal ini perusahaan dituntut untuk melakukan berbagai usaha agar produk yang ditawarkan tersebut dapat terjual. Perusahaan harus memahami perilaku konsumen sasarannya dan berusaha untuk menanamkan persepsi atau image tertentu dalam benak konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap produk Bir Bintang, ditinjau dari atribut produknya baik citra merek, kemasan, label, kualitas maupun cita rasa, serta apakah terdapat perbedaan persepsi antara mahasiswa dan pekerja terhadap atribut produk Bir Bintang tersebut. Model penelitian dalam penyususan skripsi ini bersifat eksplanatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan, wawancara langsung ke perusahaan serta penyebaran kuesioner kepada sejumlah konsumen yang mengkonsumsi Bir Bintang. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan tabel distribusi frekuensi dan nilai rata-rata hitung untuk pembuatan peta persepsi serta pengujian U Mann-Whitney untuk melihat ada tidaknya perbedaan persepsi mahasiswa dan pekerja. Dari hasil penelitian, yang dilihat melalui peta persepsi menunjukkan bahwa produk Bir Bintang mempunyai keunggulan terhadap atribut: image merek, mutu/kualitas produk serta kualitas /keamanan kemasan produk dan kemudahan merek dimana merek produk Bir Bintang merupakan merek yang mudah diingat, dieja dan dibaca. Selain keunggulan ini terlihat pula kelemahan-kelemahan terhadap atribut produk seperti harga, pandangan terhadap prestise yang timbul bila meminum bir merek Bintang, dan iklan produk. Sedangkan berdasarkan pengujian hipotesa ternyata terdapat perbedaan persepsi antara mahasiswa dan pekerja terhadap atribut produk Bir Bintang. |