Dalam usahanya untuk membuat pelanggan melakukan pembelian ulang, maka perusahaan mengerjakan lebih dari sekedar memberikan kepuasan pelanggan. Yaitu dengan berusaha meraih dan mempertahankan kesetiaan pelanggan dalam jangka panjang, Kepuasan yang diperoleh seorang pelanggan bukan merupakan jaminan sepenuhnya bahwa ia akan kembali lagi untuk melakukan pembelian ulang. Walau pelanggan terpuaskan, mereka akan dengan mudah berganti pemasok untuk kepuasan yang lebih besar atau biaya yang lebih rendah. Manajemen Pemasaran Divisi kesehatan Hewan PT. Kalbe Farma, mempergunakan strategi Customer Bonding (Pengikatan Pelanggan) untuk meraih dan mempertahankan kesetiaan pelanggan dalam jangka panjang. Strategi Customer Bonding merupakan strategi pemasaran yang berfokus pada pelanggan dan bekerja sebagai suatu sistem, yaitu tingkat yang berada di bawah mendukung tingkat yang berada di atasnya. Terdiri dari lima tingkatan yaitu Awareness bonding, Identity bonding, Relationship bonding, Community bonding, dan Advocacy bonding. Untuk meraih kesetiaan pelanggan yang kuat, mendalam, dan tahan lama, divisi Kesehatan Hewan PT. Kalbe Farma menerapkan seluruh tingkat pengikatan pelanggan. Dimulai dari awareness, identity, relationship, community, dan advocacy. Kegiatan penerapan strategi Customer Bonding dimulai dengan terlebih dahulu menerapkan pendekatan Information Driven Marketing, menyediakan dan melaksanakan 3 D (Database, Dialog, dan Direct Media). Kedua hal ini mendukung terjadinya pengikatan pelanggan yang mendalam, kuat dan tahan lama. Berdasarkan analisa data yang telah dilakukan penulis, dapat dikatakan bahwa penerapan strategi pengikatan pelanggan pada Divisi Kesehatan Hewan PT. Kalbe Farma cukup berhasil. |