Jakarta merupakan salah satu kota besar di Indonesia yang memiliki jumlah penduduk cukup padat, yaitu 9.143.500 jiwa (tahun 1995) dan di dalamnya terdapat 787.997 anak balita. Seorang Balita pada masa perkembangannya membutuhkan makanan yang mengandung nutrisi yang cukup Susu merupakan salah satu makanan pokok yang sangat diperlukan Balita untuk perkembangan tubuh dan olaknya. Fakta ini menunjukkan kebutuhan susu untuk Batita di Jakarta cukup besar. Walaupun pangsa pasar cukup besar, tetapi PT Nestle Indonesia menghadapi beberapa tantangan misalnya, produk pesaing yang sejenis di pasaran serta krisis ekonomi yang terjadi di Indonesia. Berdasarkan haI ini, penulis berpendapat pelanggan mempunyai peranan penting bagi perusahaan, sebab mereka yang membeli produk. Tanpa mereka, perusahaan tidak bisa survive. Merekalah yang memberi revenue dan profit untuk perusahaan. Oleh karena nilai kepuasan dan kesetiaan pelanggan harus benar-benar diusahakan, dipelihara dan ditingkatkan. Pada saat krisis ekonomi kesetiaan pelanggan menjadi lebih penting, karena biaya untuk memperoleh pelanggan baru lebih besar daripada biaya untuk mempertahankan pelanggan. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan 110 kuesioner di beberapa playgroup dan taman kanak-kanak di Jakarta. Dari 110 kuesioner diperoleh 97 kuesioner yang terisi dengan lengkap. Metode penelilian yang digunakan adaiah anaiisis desknplif. |