Tujuan penelitian penulis adalah menganalisa bagaimana perilaku konsumen dalam memutuskan pilihan produk dan jumlah pembelian yang dilakukan terhadap Texas Chicken. Penelitian dapat membuktikan terdapatnya hubungan antara karakteristik konsumen dengan pilihan produk pembeli, dan karakteristik konsumen dengan jumlah pembelian. Penulis melakukan penelitian jenis survei dengan mengambil sampel sebesar 120 responden, yang kemudian hasil survei diolah menggunakan chi-square dengan pengujian independensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebanyakan konsumen yang datang lebih banyak wanita yang berusia 20 tahun sampai dengan 25 tahun, dan mereka berpendapatan sebesar Rp. 500.000 sampai Rp. 1.000.000 per bulan. Variabel-variabel yang penulis sebutkan sebelumnya yaitu: jenis kelamin, usia, dan pendapatan per bulan mempunyai hubungan dependen (pengaruh) dengan pilihan produk Texas Chicken dan jumlah pembelian yang dilakukan terhadap Texas Chicken. Konsumen memilih produk Texas Chicken karena menurut mereka kualitas ayam Texas Chicken baik namun citarasa ayam tersebut biasa saja dan untuk harganya terjangkau. Texas Chicken juga telah menciptakan variasi menu yang memuaskan bagi konsumennya, selain itu Texas Chicken juga menciptakan dua jenis paket, yaitu : paket ekonomi plus dan paket Texas Beef Plate. Paket ekonomi plus memuaskan dan harganya juga terjangkau, sedangkan paket Texas Beef Plate tidak memuaskan konsumennya. Jumlah pembelian atau nilai transaksi yang dilakukan oleh konsumen terhadap Texas Chicken berkisar antara Rp 10.000 sampai dengan Rp. 25.000, dan frekuensi pembelian dalam 1 bulan terakhir yang dilakukan konsumen berkisar antara satu sampai dengan lima kali. Dalam hal ini penulis menyarankan agar PT. RIFI SEMPANA terus memperhatikan harga yang ditetapkan untuk konsumen. Selanjutnya kualitas ayam ditingkatkan, variasi menu diperbanyak, dan disertai dengan promosi yang lebih menarik. Selain itu PT. RIFI SEMPANA terus berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan penjualannya, dan bersaing dengan kompetitor lainnya. |