Peningkatan hasil penjualan dipengaruhi oleh salah satu faktor yaitu efektivitas dari pendistribusian produk tersebut. Pendistribusian maksimal bila konsumen dapat dengan mudah dan segera memperoleh produk yang dibutuhkan. Untuk melihat apakah benar saluran distribusi mempengaruhi hasil penjualan, maka dilakukan pengumpulan hasil data dari hasil penjualan selama 6 (enam) tahun yaitu dari tahun 1992 dengan tahun 1997. Dari data hasil penjualan ini maka penulis berusaha menganalisisnya melalui analisa koefisien korelasi dan analisa koefisien determinasi. Berdasarkan analisa koefisien korelasi ini maka penulis meraperoleh hasil sebesar 0,9997 yang menunjukkan bahwa hubungan antara X (biaya distribusi) dengan Y (hasil penjualan) positif dan kuat sekali. Penulis selain melakukan analisa koefisien korelasi juga melakukan analisa koefisien determinasi, dan diperoleh angka sebesar 99,947% hal ini menunjukkan bahwa naik turunnya tingkat penjualan dipengaruhi biaya distribusi tersebut, sedangkan yang lainnya sebesar 0,053% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya. |