Pemasaran merupakan suatu kegiatan yang sangat penting dewasa ini, karena suksesnya suatu perusahaan tergantung pada kemampuannya menguasai strategi pemasaran. Saluran distribusi merupakan satu diantara keputusan manajemen yang penting dalam kegiatan marketing mix, agar produk perusahaan dapat tersebar secara luas dan dapat tersedia setiap bila konsumen membutuhkannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan saluran distribusi terhadap tingkat penjualan pada PT. Etnobook. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode statistik. Adapun dasar penulisan skripsi ini dilandasi oleh teori atau konsep pemasaran, yang terdiri dari variabel-variabel produk, harga, tempat, atau distribusi dan promosi, dimana variabel-variabel pemasaran ini dapat dikendalikan oleh perusahaan untuk mencapai tingkat penjualan yang diharapkan didalam pasar sasarannya. Hasil penelitian menunjukan bahwa saluran distribusi yang dimiliki perusahaan sangat efektif dan efesien dalam meningkatkan volume penjualan dimana dari perhitungan koefisien korelasi antara biaya distribusi terhadap hasil penjualan didapat angka 0,899 yang menunjukan hubungan positif dan sangat kuat. Kesimpulan yang diambil adalah bahwa perusahaan menggunakan saluran distribusi langsung dan saluran distribusi tingkat satu bagi penjualan produknya. Perusahaan menggunakan distribusi selektif dalam memilih para perantaranya. |