Promosi merupakan faktor yang penting yang harus disadari oleh setiap perusahaan, khususnya dengan adanya persaingan yang semakin tajam dimana setiap perusahaan berlomba-lomba untuk menarik dan mempertahankan para pelanggan agar tetap setia. Dengan demikian kegiatan promosi merupakan salah satu cara untuk meningkatkan hasil penjualan perusahaan. PT HERO SUPERMARKET adalah perusahaan industri eceran yang menjual produk-produk kebutuhan pangan dan kebutuhan non pangan, yang ditujukan untuk konsumen golongan menengah keatas. Tujuan perusahaan mclakukan promosi adalah untuk menarik calon konsumen agar berkunjung ke pasar swalayan Hero dan menanamkan image yang baik mengenai pasar swalayan Hero di benak konsumen. Kegiatan promosi yang dilakukan oleh PT HERO SUPERMARKET adalah periklanan, promosi penjualan dan publisitas. Untuk mengetahui efektifitas kegiatan promosi yang dilakukan PT HERO SUPERMARKET dalam upaya meningkatkan hasil penjualannya, penulis menggunakan analisa koefisien korelasi Analisa ini menyatakan hubungan linier antara 2(dua) variabel, yaitu biaya promosi (x) dan hasil penjualan (y). Dari hasil perhitungan, diperoleh hasil sebesar 96,50%, dan melalui pengujian koefisien determinasi diketahui hasilnya sebesar 93,12%, sedangkan sisanya 6,88% dipengaruhi oleh faktor lain. Dari hasil perhitungan yang diperoleh, dapat ditarik kesimpulan bahwa kegiatan promosi yang dilakukan oleh PT HERO SUPERMARKET memberi pengaruh yang kuat, yaitu dengan meningkatnya hasil penjualan perusahaan. Hal ini membuktikan bahwa kegiatan promosi yang telah dilakukan oleh perusahaan adalah efektif dalam mencapai sasaran. |