Promosi merupakan salah satu kegiatan dalam bidang pemasaran yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan dengan cara mempengaruhi konsumen secara langsung maupun tidak langsung, sehingga konsumen tertarik pada suatu produk atau merek tertentu dan pada akhirnya diharapkan membeli barang atau jasa yang telah dihasilkan tersebut. Tanpa adanya promosi, informasi yang ingin disampaikan oleh produsen kepada konsumen mengenai produk atau jasa yang telah dihasilkan tidak akan diketahui konsumen. Didalam memasarkan produksinya AUTO 2000 menerapkan strategi promosi untuk mengkomunikasikan produknya kepada konsumen dengan tujuan agar penjualan produknya meningkat. Sejauh ini nampaknya strategi yang dilakukan oleh perusahaan tersebut cukup berhasil. Terbukti dengan berhasilnya AUTO 2000 menanamkan citra terhadap kendaraan Merek Toyota Kijang sebagai suatu kendaraan yang berkualitas. Metode penelitian yang dipakai menggunakan analisis penelitian data kuantitatif dan kualitatif yang dianggap penulis cukup layak digunakan untuk menggambarkan karakteristik dari fenomena promosi produk dan menentukan derajat hubungan antara promosi produk dan volume penjualan dari perusahaan yang diobservasi. Untuk penelitiannya digunakan riset kepustakaan dan riset lapangan. Tujuan yang hendak dicapai dengan didirikannya AUTO 2000 Muara Karang adalah: 1. Membantu pemerintah berpartisipasi dalam program pembangunan. 2. Menambah lapangan kerja di Indonesia dalam membantu menanggulangi pengangguran. 3. Memasarkan otomotif di Indonesia, khususnya otomotif Toyota. Kesimpulan yang diperoleh adalah dalam memasarkan kendaraan Toyota Kijang, Auto 2000 Muara Karang memberi perhatian yang cukup besar pada kegiatan promosi. Hal ini terbukti dalam analisa korelasi yang memberikan hasil 86,17% yang berarti hubungan antara kenaikan penjualan tersebut berhubungan erat dengan kenaikan jumlah biaya promosi yang telah dikeluarkan oleh perusahaan. |