Anda belum login :: 23 Nov 2024 00:32 WIB
Detail
ArtikelPembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Multiple Intelegensi Berpendekatan Observation Based Learning  
Oleh: Setiawan, Iwan
Jenis: Article from Proceeding
Dalam koleksi: KOLITA 13 : Konferensi Linguistik Tahunan Atma Jaya Ketiga Belas : Tingkat Internasional, Jakarta, 8-9 April 2015, page 573-578.
Topik: Pembelajaran Bahasa Indonesia; multiple intelligences; pendekatan saintifik; Kurikulum 2013
Fulltext: (573-578) Iwan Setiawan - Pembelajaran Bahasa . . . - 050415.pdf (101.69KB)
Ketersediaan
  • Perpustakaan PKBB
    • Nomor Panggil: 406 KLA 13
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Isi artikelPemberlakuan Kurikulum 2013 yang diberlakukan mengetengahkan paradigma pembelajaran yang tidak hanya mengukur kemampuan logika dan bahasa dua parameter, melainkan melihat aspek kinestetis, musical, visual-spatial, interpersonal, dan naturalis. Oleh karena itu, pelaksanaa pembelajaran mensyaratkan beberapa hal, sebagai berikut (1) harus mampu menstimulasi peserta didik untuk beraktivitas secara kreatif dan inovatif, (2) bahan ajar yang digunakan hendaknya disusun dengan optimalisasi modalitas belajar dengan penyajian teks baik berbentuk verbal maupun non-verbal secara bervariasi, dan (3) penyusunan bahan ajar hendaknya memiliki makna dan manfaat bagi peserta didik. Pembelajaran bahasa Indonesia berbasis multiple intelligences dengan pendekatan observation based learning, diharapkan dapat meningkatkan komptensi peserta didik. Selain itu, pengembangan ini diharapkan dapat membawa perubahan dalam kehidupan peserta didik sehingga di samping peserta didik tertarik dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia sekaligus mereka mampu mencapai kompetensi yang diharapkan yaitu pengetahuan, keterampilan, sikap serta nilai-nilai yang diwujudkan dalam kebiasaan berpikir dan bertindak.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.03125 second(s)