Anda belum login :: 23 Nov 2024 04:16 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Peran Alih Kode dalam Pembelajaran Bahasa Jerman di Universitas Negeri Makassar
Oleh:
Dalle, Ambo
Jenis:
Article from Proceeding
Dalam koleksi:
KOLITA 13 : Konferensi Linguistik Tahunan Atma Jaya Ketiga Belas : Tingkat Internasional, Jakarta, 8-9 April 2015
,
page 551-554.
Topik:
peran
;
alih kode
;
pembelajaran bahasa Jerman
Fulltext:
(551-554) Ambo Dalle - Peran Alih Kode . . . - 050415.pdf
(100.7KB)
Ketersediaan
Perpustakaan PKBB
Nomor Panggil:
406 KLA 13
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Isi artikel
Tujuan makalah ini adalah (1) mendeskripsikan bentuk-bentuk alih kode yang terjadi dalam interaksi belajar-mengajar bahasa Jerman, (2) mendeskripsikan peran alih kode yang dilakukan oleh pengajar dalam interaksi belajar-mengajar, dan (3) mendeskripsikan alasan-alasan pengajar bahasa Jerman melakukan alih kode saat berlangsungnya interaksi dalam proses belajar-mengajar. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah alih kode yang terjadi dalam interaksi belajar-mengajar di kelas bahasa Jerman. Adapun sumber datanya adalah pengajar bahasa Jerman dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, rekam, dan teknik catat. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi (1) transkrip data (2) identifikasi data alih kode, (3) mengklasifikasi data, (4) deskripsi data, dan (5) penyajian data. Hasil yang diperoleh melalui penelitian ini meliputi (1) Bentuk-bentuk alih kode yang terjadi dalam interaksi belajar-mengajar berbentuk (a) kata (b) frasa, (c) dan kalimat, (2) peran alih kode dalam interaksi belajar mengajar bahasa Jerman yaitu (a) sebagai pengajar bahasa Jerman (b) memudahkan pemahaman mahasiswa, (c) menerjemahkan komponen-komponen linguistik, (d) menegaskan, dan (e) rasa humor.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.015625 second(s)