Anda belum login :: 17 Feb 2025 07:28 WIB
Detail
ArtikelFaktor Kunci dalam Penentuan Prioritas Penanganan Kerusakan Jalan  
Oleh: Yuwono, Bambang E. ; Rintawati, Dewi ; Supriyono
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Jurnal Jalan-Jembatan vol. 31 no. 02 (Aug. 2014), page 124-131.
Topik: jalan; kerusakan; faktor kunci; penanganan; prioritas
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: JJ9
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelKonstruksi jalan akan menurun kualitasnya seiring dengan umurnya, hal ini terjadi apabila tidak dilakukan program preservasi jalan. Tim Pemantauan dan Evaluasi Kebijakan Transportasi Nasional, Kantor Kementrian Koordinator bidang Perekonomian merekomendasikan strategi Quick and Effective Response, karena sebagian besar jalan yang rusak berat diawali oleh kerusakan ringan jalan (kerusakan permukaan) yang tidak ditangani secara cepat dan tepat. Kerusakan jalan memang harus segera ditangani sesuai pedoman teknis, namun kerusakan jalan tidak hanya bersifat teknis, kerusakan jalan berdampak pada kerugian masyarakat, baik langsung seperti kenaikan Biaya Operasional Kendaraan, kehilangan waktu produktif, maupun tidak langsung seperti gangguan kesehatan akibat meningkatnya polusi akibat tersendatnya transportasi yang mengkibatkan kenaikan polusi. Penelitian terkait dengan penentuan prioritas penanganan jalan sudah banyak, namun penelitian yang sudah ada dikhususkan pada lokasi tertentu, sehingga kriteria/faktor yang digunakan beserta bobotnya hanya dapat digunakan secara terbatas pada lokasi tertentu disamping juga belum memasukkan unsur Quick and Effective Respons. Review dilakukan terhadap faktor-faktor yang digunakan pada penelitian terdahulu, sehingga dihasilkan kriteria umum yang diduga dapat digunakan sebagai faktor penentu/kunci dan diwujudkan dalam sebuah kuesioner. Kuesioner disebarkan kepada ahli/peneliti transportasi, dan berdasarkan kuesioner yang kembali dilakukan analisis menggunakan Confirmatory Factor Analysis, hasilnya didapatkan faktor-faktor (termasuk bobotnya) yang dapat digunakan sebagai kriteria umum dalam penentuan prioritas penanganan jalan. faktor-faktor tersebut adalah potensi kerugian masyarakat (0,51), potensi pengembangan wilayah (0,31) dan kondisi jalan (0,19).
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)