Anda belum login :: 23 Nov 2024 00:51 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
PENGURANGAN KERUGIAN PENJUALAN PRODUK KERUDUNG INSTAN DENGAN MELAKUKAN PERBAIKAN KUALITAS MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA
Oleh:
Harsono, Ambar
;
Shabrina, Nurul
;
Sumadi, Kusmaningrum
Jenis:
Article from Proceeding
Dalam koleksi:
Prosiding Seminar Nasional Teknoin 2014: Meningkatkan Daya Saing Industri Nasional Berkelanjutan Berbasis Riset, Yogyakarta, 22 November 2014 : Bidang Teknik Industri
,
page 78-82.
Topik:
pengurangan kerugian penjualan
;
DPMO.six sigma
;
Interrelationship digraph
;
diagram pohon.
Fulltext:
Pages from Teknik Industri-13.pdf
(776.87KB)
Isi artikel
Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi kerugian yang terjadi karena adanya produk cacat pada pembuatan kerudung instan di CV X. Metode Six Sigma dipakai untuk mencari solusi dan memperbaiki kualitas proses produk agar jumlah produk jadi yang cacat atau reject dapat dikurangi, sehingga dapat mengurangi jumlah kerugian pada penjualan kerudung instan .Berdasarkan perhitungan terhadap data produk cacat, diketahui bahwa jenis cacat garis pada kain merupakan jenis cacat dengan jumlah tertinggi. Dua alat analisa, yaitu Interrelationship digraph digunakan untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi penyebab timbulnya cacat garis pada produk jadi , sedangkan diagram pohon digunakan untuk menentukan usulan perbaikan atas berbagai faktor yang menjadi penyebab timbulnya jenis cacat produk. Berdasarkan analisa dengan memakai dua alat tersebut, diusulkan 6 tindakan perbaikan yang dapat diterapkan di perusahaan, namun oleh perusahaan, hanya diijinkan untuk menerapkan 2 dari 6 usulan yang diajukan . Perhitungan DPMO dan nilai sigma setelah perbaikan menunjukkan terjadi penurunan DPMO sebesar 3473,369 dan peningkatan nilai sigma sebesar 0,334033 . Persentase kerugian yang dialami oleh perusahaan menurun dari 11,09% menjadi sebesar 7,25%.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0 second(s)