Anda belum login :: 26 Nov 2024 09:56 WIB
Detail
ArtikelStrategi Kompensatori Dalam Pembelajaran Bahasa Kedua Anak Usia Prasekolah  
Oleh: Kulup, Luluk Isani
Jenis: Article from Proceeding
Dalam koleksi: KOLITA 13 : Konferensi Linguistik Tahunan Atma Jaya Ketiga Belas : Tingkat Internasional, Jakarta, 8-9 April 2015, page 327-331.
Topik: Strategi kompensatori; pembelajaran bahasa; anak usia prasekolah
Fulltext: (327-331) Luluk I.K. - Strategi Kompensatori . . . - 020415.pdf (90.37KB)
Ketersediaan
  • Perpustakaan PKBB
    • Nomor Panggil: 406 KLA 13
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Isi artikelPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi kompensatori dalam pembelajaran bahasa kedua pada anak usia prasekolah. Pertanyaan penelitiannya adalah bagaimanakah wujud strategi kompensatori dalam pembelajaran bahasa kedua yang dihasilkan oleh anak usia prasekolah? Data penelitian ini berupa ujaran yang dihasilkan oleh anak usia prasekolah baik ketika mereka di kelas, di rumah, maupun ketika bermain. Ujaran tersebut berupa kata, frase, klausa, atau kalimat yang dapat memberi gambaran strategi kompensatori yang digunakan oleh anak. Sumber data dari penelitian ini adalah peserta didik TK yang menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua. Data yang terkumpul dianalisis dengan data berupa tabel-tabel. Tabel tersebut merupakan instrumen analisis data ketika melakukan (1) reduksi data agar dapat melihat satuan-satuan data; (2) sajian data agar dapat melihat data secara menyeluruh. Berdasarkan analisis data ditemukan bentuk-bentuk ujaran yang direalisasikan dalam ragam starategi kompensatori. Di antaranya, a) penyampaian tak langsung; b) menggunakan istilah alternatif; c) membentuk kata baru; d) sinyal nonlinguistik; e) meminta bantuan lawan bicara baik langsung maupun tidak langsung.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)