Anda belum login :: 23 Nov 2024 04:15 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Kesantunan Berbahasa Dalam Interaksi Instruksional Guru SD di Surabaya
Oleh:
Pramujiono, Agung
;
Nurjati, Nunung
Jenis:
Article from Proceeding
Dalam koleksi:
KOLITA 13 : Konferensi Linguistik Tahunan Atma Jaya Ketiga Belas : Tingkat Internasional, Jakarta, 8-9 April 2015
,
page 111-116.
Topik:
kesantunan berbahasa
;
interaksi instruksional
;
wujud kesantunan
;
strategi kesantunan
Fulltext:
(111-116) Agung P., Nunung N. - Kesantunan Berbahasa . . . - 010415.pdf
(166.26KB)
Ketersediaan
Perpustakaan PKBB
Nomor Panggil:
406 KLA 13
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Isi artikel
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) wujud verbal yang merepresentasikan kesantunan berbahasa dalam interaksi intruksional guru SD di Surabaya dan (2) strategi kesantunan berbahasa yang digunakan dalam interaksi instruksional guru SD di Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan ancangan etnopragmatik. Data penelitian ini berupa ujaran dalam interaksi instruksional guru SD yang merepresentasikan wujud dan strategi kesantunan. Sumber data penelitian ini adalah wacana interaksi instruksional delapan orang guru SD di Surabaya. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode simak dengan teknik rekam. Data selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan (1) wujud verbal kesantunan berbahasa dalam interaksi instruksional di SD direalisasikan dalam ujaran bermodus deklaratif, interogatif, dan imperatif. Ujaran bermodus deklaratif direalisasikan dalam tindak tutur asertif memberitahukan dan tindak tutur ekspresif menasihati dan memuji. Ujaran bermodus interogatif direalisasikan dalam tindak tutur direktif meminta penjelasan, memerintah, dan meminta izin. Ujaran bermodus imperatif direalisasikandalam tindak tutur direktif meminta tolong, melarang, mengajak, menasehati, dan menyilakan. (2) Strategi yang digunakan dalam interaksi instruksional di SD meliputi strategi langsung; strategi kesantunan positif dengan substrategi memberikan perhatian dan simpati kepada Mt, menggunakan penanda identitas kelompok, melibatkan Mt dalam Aktivitas, memberikan pujian,) mengulang ujaran, meminta alasan atau memberikan pertanyaan, dan memberikan hadiah; strategi kesantunan negatif dengan substrategi menggunakan ketentuan umum dan meminta maaf.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.015625 second(s)