Anda belum login :: 17 Feb 2025 07:37 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
PERANCANGAN STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK BATIK TULIS GIRILOYO
Oleh:
Indrawati, Sri
Jenis:
Article from Proceeding
Dalam koleksi:
Industrial Engineering Conference (IEC) Yogyakarta, 6 Desember 2014: Peran Teknik Industri dalam Pemberdayaan Industri Kecil dan Menengah untuk Mendukung Ketahanan dan Kemandirian Perekonomian Bangsa
,
page XL 1-7.
Topik:
Strategi Pengembangan Produk
;
metode SWOT dan BOS
;
UKM Batik Tulis
Fulltext:
40. Sri Inderawati.pdf
(171.26KB)
Isi artikel
Batik Tulis Giriloyo merupakan salah satu sentra pengrajin batik tulis asli khas keraton Mataram. Dengan meningkatnya jumlah usaha batik tulis, maka Batik Tulis Giriloyo dituntut untuk merancang sebuah strategi yang memberikan nilai lebih kepada konsumen. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk menentukan strategi pengembangan produk Batik Tulis Giriloyo. Metode SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat) digunakan untuk mengidentifikasi posisi usaha sebagai dasar perancangan strategi pengembangan produk. Berdasarkan hasil pengolahan data yang telah dilakukan maka strategi pengembangan produk yang perlu dilakukan Batik Tulis Giriloyo adalah melakukan diversivikasi produk dan pasar. Pasar baru yang akan menjadi fokus utama adalah industri properti. Dengan menggunakan kerangka kerja empat langkah Blue Ocean Strategy, produk baru yang diciptakan adalah aplikasi Batik Tulis Giriloyo dalam interior ruangan yang selama ini belum pernah ditawarkan oleh pengrajin batik tulis lainnya. Faktor yang perlu ditingkatkan diantaranya desain motif, warna dan jenis kain. Sedangkan faktor yang dikurangi adalah waktu proses produksi dan jumlah produksi kain batik tulis untuk busana.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.015625 second(s)