Kegiatan promosi dalam meningkatkan penjualan tergantung pada pemilihan alat promosi yang efektif dan diharapkan efektivitas promosi tersebut dapat digunakan sebagai informasi bagi perusahaan juga langkah dalam penetapan rencana berikutnya. Promosi dipergunakan untuk menimbulkan attention, interest, desire, dan action to buy. Didalam kegiatan pemasarannya P.T. Ayam Merak menerapkan kebijakan promosi untuk produk-produk yang dipasarkannya berupa periklanan, promosi penjualan, publisitas, dan penjualan perorangan, Terutama melalui periklanan dan promosi penjualan. Pelaksanaan kegiatan promosi tersebut memerlukan pengorbanan tenaga, waktu, dan dana. Maka keempat unsur kegiatan tersebut haruslah dikombinasikan sedemikian rupa agar sesuai dengan tujuan, kebutuhan serta kemampuan perusahaan. Analisa data penjualan kopi bubuk Ayam Merak dari tahun 1993 sampai tahun 1997 menunjukkan adanya korelasi yang kuat dan positif antara biaya promosi dengan tingkat penjualan, Krisis ekonomi sejak pertengahan Juni tahun 1997, mempengaruhi tingkat penjualan dengan biaya promosi bila dilihat dalam penyimpangan anggaran promosi maka P.T. Ayam Merak mengalami penurunan, disebabkan oleh terpuruknya nilai dan inflasi yang berkepanjangan, Kesemuanya diatas sangat mempengaruhi daya beli serta pola komsumsi dan diluar kemampuan pengendalian perusahaan. |