Anda belum login :: 23 Nov 2024 22:42 WIB
Detail
ArtikelPeran Moderasi CSR pada Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Merek  
Oleh: Zulianti ; Ramadania
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Ekuitas: Jurnal Ekonomi dan Keuangan vol. 18 no. 01 (Mar. 2014), page 118 – 136.
Topik: citra merek; loyalitas merek; dan corporate social responsibility (CSR); brand image; brand loyalty; and corporate social responsibility
Fulltext: 20150130007_ros.pdf (229.67KB)
Isi artikelPada beberapa dekade terakhir, industri Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) telah mengalami pertumbuhan yang pesat dan berkembang menjadi bisnis dengan prospek yang sangat menjanjikan. Munculnya beberapa pemain baru dalam industri AMDK menyebabkan tingkat persaingan untuk memperebutkan pangsa pasar menjadi semakin ketat. Oleh karena itu, pembentukan citra merek yang kuat menjadi salah satu strategi jitu untuk memenangkan pasar dan meraih keunggulan melalui loyalitas merek. Namun pergeseran persepsi konsumen telah memberikan tekanan kepada perusahaan agar tak hanya dapat mempertahankan profitabilitasnya tetapi juga mampu bertindak secara etis. Corporate Social Responsibility (CSR) kemudian muncul sebagai salah satu strategi sekaligus solusi untuk memenangkan persaingan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran moderasi CSR pada pengaruh citra merek terhadap loyalitas merek pada konsumen AQUA di Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode survey. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling terhadap 200 konsumen AQUA di Pontianak. Hasil empiris menunjukkan bahwa citra merek berpengaruh signifikan terhadap loyalitas merek dan CSR dapat berfungsi sebagai moderator hubungan antara keduanya. Namun, dalam hal perannya sebagai moderator, CSR berpengaruh secara negatif sehingga dapat menurunkan loyalitas merek. Penelitian ini memberikan temuan bahwa perusahaan harus fokus pada efektivitas kampanye CSR nya.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)