Industri umumnya memiliki satu perusahaan yang dikenal sebagai pemimpin pasar. Perusahaan ini menguasai pangsa pasar yang terbesar dalam pasar produk yang relevan. Biasanya ia memimpin perusahaan lain dalam hal perubahan harga, pengenalan produk baru, cakupan saluran distribusi dan intensitas promosi. Perusahaan ini menjadi titik pusat orientasi para pesaing. Ia menjadi perusahaan yang ditantang, ditiru atau dihindari. Sebagai pangsa pasar diperlukan pemilihan strategi yang tepat untuk mempertahankan pangsa pasar. PT Gramedia Pustaka Utama sangat memperhatikan kualitas produknya antara lain dari segi tata bahasa, mutu percetakan, bobot terjemahan, kualitas kertas dan mutu bacaan, Konsumen dalam situasi harus memilih produk dalam jenis, yang sama yang dipilih adalah yang berkualitas tinggi. Dengan produk yang berkualitas tinggi teritu harga produk juga tinggi melebihi harga produk samgannya, Penentuan harga buku didasarkan berbagai pertimbangan dan disesuaikan dengan konsumen potensialnya agar konsumen yang membutuhkan buku mampu untuk membeli. Strategi distribusi menggunakan satu tingkat dan menerapkan saluran distribusi selektif sehingga produk bisa langsung diterima konsumen. Jangkauan distribusi PT GPU hampir mencakup seluruh Indonesia. Strategi promosi menerapkan empat unsur yaitu periklanan, promosi penjualan, publisitas dan penjualan perorangan. Hal ini mencerminkan penerapan strategi bauran pemasaran yang meliputi produk, harga, promosi dan distribusi. Hasil dari penelitian yang ditujukan kepada para mahasiswa menunjukkan bahwa PT GPU telah menerapkan strategi bauran pemasaran yang cukup tepat. Dan hasil dari analisis korelasi menunjukkan variabel paling efektif yang digunakan oleh perusahaan adalah biaya produk. |