Pegadaian adalah suatu lembaga keuangan bukan bank (LKBB) yang merupakan salah satu BUMN di bawah naungan Departemen Keuangan yang berstatus hukum sebagai perusahaan umum. Tujuan utama dan Perum Pegadaian adalah untuk melayani masyarakat dengan memberikan pinjaman kredit dan pembiayaan yang berskala kecil dengan bunga yang sangat rendah. Masalah pokok dari skripsi ini adalah mengetahui peranan Perum Pegadaian dalam memenuhi kebutuhan dana masyarakat dengan pemberian kredit melalui sistem gadai yang dikaitkan dengan perilaku konsumen. Metode yang dipakai daiam penyusunan skripsi ini adalah metode kepustakaan yang diperoleh dari buku-buku karangan ilmiah, majalah, dan literatur lain yang relevan, dan metode survey yang diperoleh dari penyebaran kuisioner kepada masyarakat yang menjadi nasabah Perum Pegadaian. Sebagai suatu lembaga keuangan yang berstatus hukum sebagai perusahaan umum, Pegadaian mempunyai struktur organisasi dan tata kerja yang teratur sehingga dapat berperan daiam menyalurkan dana pinjaman kepada masyarakat yang membutuhkan. Berdasarkan pada hasil penelitian yang didapat, maka penulis dapat menarik kesimpulan dan memberikan saran-saran yang mungkin berguna bagi pihak-pihak yang bersangkutan. |