PT Sepatu Bata merupakan perusahaan yang memproduksi sepatu dan sandal untuk pria dan wanita dengan ukuran, bahan dan fungsi yang beragam. Produk merupakan salah satu unsur yang penting dari bauran pemasaran, selain harga, promosi dan distribusi. Pengembangan produk mempunyai peranan yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan perusahaan mencapai tujuannya, yaitu untuk meningkatkan hasil penjualannya. Agar kegiatan pengembangan produk tersebut dapat berhasil dengan baik, maka perusahaan harus menyusun suatu strategi yang efektif dan efisien. Apabila perusahaan hanya menetapkan harga yang bersaing, promosi yang gencar, dan system distribusi yang baik tanpa melakukan kegiatan pengembangan produk, maka perusahaan tidak dapat mencapai hasil penjualan yang maksimal. Hal ini diakibatkan oleh kecenderungan konsumen yang sudah bosan atau jenuh dengan model sepatu yang ditawarkan perusahaan. Dari hasil analisa yang penulis lakukan, menunjukkan adanya hubungan yang kuat dan positif antara biaya pengembangan produk dengan hasil penjualan. Oleh sebab itu perusahaan sebaiknya sering melakukan kegiatan pengembangan produk yang didukung juga oleh anggaran biaya pengembangan produk yang lebih besar pula. |