Perusahaan dalam memasarkan produknya menyadari pentingnya periklanan sebagai salah satu sarana untuk mengkomunikasikan produknya kepada masyarakat. Karenanya agar kegiatan periklanan dapat dijalankan dengan baik, maka perlu disusun suatu strategi periklanan mulai dari menetapkan tujuan periklanan, anggaran periklanan, frekuensi iklan ditayangkan sampai bagaimana mengukur efektifitas periklanan dalam mencapai tujuan perusahaan. Mengingat pentingnya periklanan bagi pemasaran suatu produk, maka penulis mencoba menganalisis mengenai periklanan yang dijalankan oleh PT. Airland Hillman Abadi. Dalam melakukan penelitian, penulis menggunakan metode riset perpustakaan dengan membaca buku dan literatur di perpustakaan dan metode riset lapangan dengan melakukan kunjungan langsung dan wawancara dengan pimpinan perusahaan. PT. Airland Hillman Abadi adalah perusahaan yang bergerak dalam industri kasur di mana produk yang dihasilkannya adalah kasur pegas (spring bed) dengan merek Airland dan Koala. Promosi dilakukan perusahaan pada saat tingkat penjualan perusahaan stabil dan berusaha untuk dipertahankan, Dan dalam hal ini, periklanan merupakan unsur promosi yang sangat diutamakan untuk terus menerus membujuk dan meyakinkan konsumen mengenai produk perusahaan. Berdasarkan analisis daur hidup produk, produk spring bed saat ini telah memasuki tahap kedewasaan. Tahap kedewasaan ini turut mempengaruhi strategi periklanan yang diterapkan perusahaan. Berdasarkan hasil perhitungan serta analisis yang dilakukan, penulis menyimpulkan bahwa ada keterkaitan yang erat antara periklanan dan penjualan. Artinya strategi periklanan yang dirancang dengan baik akan membantu perusahaan dalam meningkatkan penjualan perusahaan. Oleh karena itu, hendaknya perusahaan terus berusaha untuk mempertahankan bahkan meningkatkan kemampuan strategi periklanannya untuk menunjang kebijakan pemasaran lainnya sehingga dapat memberikan dampak yang positif terhadap keberhasilan pemasaran perusahaan. |