Anda belum login :: 23 Nov 2024 06:36 WIB
Detail
ArtikelPengembangan Instrumen Evaluasi Cipp pada Program Pembelajaran Tahfiz Al-Qur’an di Pondok Pesantren  
Oleh: Muyasaroh ; Sutrisno
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - terakreditasi DIKTI - non-atma jaya
Dalam koleksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan vol. 18 no. 2 (2014), page 201-233.
Topik: pengembangan; evaluasi; tahfi? al-Qur’an
Fulltext: 2862-7495-1-SM.pdf (445.16KB)
Isi artikelStudi ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan model pengembangan evaluasi program pembelajar’an tahfi? al-Quran diberi nama Coni P2, (2) menghasilkan teknik pelaksanaan evaluasi program pembelajaran tahfi? al-Qur’an, dan (3) menghasilkan struktur komponen dan indikator model evaluasi. Studi ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan sembilan langkah dari 10 langkah model Borg dan Gall. Jumlah subjek uji coba pertama 33 orang, uji coba kedua 49 orang, dan uji coba ketiga 224 orang. Komponen model evaluasi yang digunakan adalah model evaluasi Stufflebeam (CIPP). Langkah-langkah evaluasi yang digunakan adalah langkah Malcolm Provus. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah Delphi, FGD, kuesioner, observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Validitas konstruk dianalisis menggunakan CFA dan Reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha. Hasil penelitian: (1) model evaluasi program Coni P2 dikembangkan dengan cara kajian teori, temuan di lapangan, Delphi, FGD, uji coba sebanyak tiga kali; (2) evaluasi di tiga pondok pesantren: Al-Ittifaqiah, Raudhatul Ulum, dan Raudhatul Qur’an ditemukan kesenjangan sarana belajar, kinerja guru, dan motivasi belajar santri; (3) komponen konstruk model evaluasi Coni P2 terdiri atas konteks, input, proses, dan produk, yang terbagi menjadi 13 indikator. Hasil analisis CFA: (1) Chi Square (?²) = kecil; (2) ?-value > 0,05; (3) Root Mean Square Error of Approximation (RMSEA) < 0,08; dan (4) Goodness of Fit Index (GFI) < 0,90.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)