Maksud dan tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang kegiatan pemasaran khususnya saluran distribusi dan menganalisa kebijakan saluran distribusi yang diterapkan oleh PT. Voksel Electric. Masalah yang dibahas dalam skripsi ini adalah bagaimana pengaruh kebijaksanaan saluran distribusi terhadap tingkat penjualan perusahaan, faktor yang mempengaruhi penerapan saluran distribusi dan apakah ada hubungannya antara kebijakan saluran distribusi dengan peningkatan penjualan. Untuk mencapai maksud dan tujuan penulisan skripsi ini, penulis menggunakan metode penelitian perpustakaan, penelitian lapangan, dan melakukan analisa korelasi. Pada periode yang diamati oleh penulis, PT. Voksel Electric mengekspor produk kabel yang berupa kabel listrik, kawat dinamo, dan kawat telekomunikasi telepon, serta memasarkannya untuk wilayah Republik Indonesia. PT. Voksel Electric dalam memasarkan produk kabel menggunakan 3 jenis tingkat saluran distribusi, yaitu zero level channel, one level channel, two level channel. Saluran distribusi langsung digunakan untuk end users seperti kontraktor, PLN, Telkom dan lain sebagainya. Saluran distribusi satu tingkat digunakan untuk yang berada di Jakarta dan di luar pulau Jawa. Saluran distribusi dua tingkat digunakan untuk menjual produknya ke luar negeri. Selama tahun 1995 PT. Voksel Electric memperoleh pendapatan sebesar 275,2 milyar rupiah dengan biaya distribusi sebesar 15,7 milyar rupiah. Selama tahun 1996 PT. Voksel Electric berhasil mendapat pendapatan yang berjumlah 268,6 milyar rupiah dengan biaya distribusi sebesar 21,6 milyar rupiah. Selama tahun 1997, PT. Voksel Electric dapat menjual produk yang bernilai 220,2 milyar rupiah dengan biaya distribusi sebesar 21,2 milyar rupiah. Berdasarkan data tersebut maka penulis dapat menghitung analisa korelasi yang diperoleh adalah 0,8977, ini menunjukkan bahwa biaya distribusi mempunyai hubungan yang erat dengan penjualan. Sehingga saluran distribusi yang diterapkan PT. Voksel Electric cukup efektif serta mempunyai hubungan yang kuat dan positif. Perusahaan diharapkan agar berusaha meningkatkan penjualan dengan memperhatikan pula faktor-faktor lainnya. Akhirnya penulis menyarankan agar PT. Voksel Electric tidak hanya menjual produknya dalam negeri saja, tetapi juga memikirkan untuk menjual produknya ke luar negeri. Mengenai perantara, karena penggunaan perantara dalam menyalurkan produk adaiah tepat sekali. Mengenai pengiriman barang, penulis menyarankan agar pemborosan-pemborosan ditekan sampai tidak ada lagi. Dan juga perusahaan disarankan agar memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi penjualan selain dari distribusi. |