Promosi merupakan kegiatan Perusahaan untuk mengkomunikasikan dan mempromosikan produknya pada pasar sasaran. Kombinasi dari berbagai kegiatan promosi yang terdiri dari periklanan, promosi penjualan, penjualan perorangan dan publisitas merupakan kunci sukses dari pemasaran perumahan. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui kegiatan/jenis bauran promosi yang tepat digunakan untuk meningkatkan penjualan pada perumahan Gading Serpong. Berdasarkan data kuesioner yang disebar ke penghuni perumahan Gading Serpong oleh perusahaan dan melalui analisis STP maka dapat diketahui bahwa pasar sasaran dan perumahan Gading Serpong adalah masyarakat menengah bawah dengan pendidikan S1 dan memiliki pekerjaan sebagai pegawai, yang memiliki alasan utama membeli produk Gading Serpong disebabkan oleh harga yang terjangkau. Untuk mengetahui jenis promosi yang tepat dalam rangka meningkatkan penjualan, maka digunakan 2 metode penelitian yaitu metode tabel kontingensi dan metode regresi linier sederhana. Label kontingensi digunakan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara profil konsumen (pendidikan, pekerjaan, kelas sosial) dengan media promosi. Hasil yang diperoleh adalah menunjukkan adanya hubungan antara profil konsumen dengan media promosi. Dan juga diketahui jenis promosi yang tepat digunakan yaitu promosi penjualan. Metode penelitian yang kedua adalah metode regresi linier sederhana, dimana diperoleh suatu persamaan regresi; Y = 34,968,05 17,64 )C Dari persamaan regresi ini dapat memproyeksikan penjualan tahun 1998 yaitu sebesar Rp. 80.526.878.000, dengan biaya promosi sebesar Rp. 2.582.700.000,-. Jika melihat dari dua metode tersebut di atas, masih banyak faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat penjualan, jadi tidak sebatas pada kegiatan promosi saja. Berarti kegiatan promosi ini harus ditempatkan bersama dengan faktor-faktor lainnya tersebut secara lebih proporsional. Tetapi melalui kegiatan analisis ini dapat diketahui hasil yang cukup baik secara teoritis yang dipergunakan untuk mencapai tujuan perusahaan. |