Anda belum login :: 23 Nov 2024 03:59 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Problem-based Learningatau Project-based Learning: Sebuah Kajian terhadap Metode Pengajaran di Pendidikan Teknik Industri
Oleh:
Camelia, Fanny
;
Fithri, Prima
Jenis:
Article from Proceeding
Dalam koleksi:
Prosiding Seminar Nasional Teknik Industri Badan Kerjasama Penyelenggara Pendidikan Tinggi Teknik Industri (BKSTI) 2014: Bukittinggi, 2-4 September 2014
,
page 8: 25-29.
Topik:
Pendidikan Teknik Industri (Industrial Engineering Education)
;
pembelajaran yang berfokus kepada mahasiswa (student-centered learning)
;
pembelajaran yang berdasarkan permasalahan (problem-basedlearning)
;
pembelajaran yang berdasarkan proyek (project-based learning)
;
pandangan yang konstruktif (constructive view)
Fulltext:
4. bksti7-804 (Fanny Camelia, Prima Fithri) 25-29.pdf
(265.73KB)
Isi artikel
Model yang dominan pada pendidikan teknik, termasuk Teknik Industri masih modelpendekatan tradisional, yaituperkuliahan searah daridosen kepada mahasiswa. Beberapa pakar pendidikan merekomendasikan pembelajaran yang berfokus kepada mahasiswa (student-centered learning) seperti pembelajaran berdasarkan permasalahan (problem-basedlearning) dan pembelajaran berdasarkan proyek (project-based learning) untuk diterapkan dalam pendidikan teknik.Dengan pembelajaran yang berfokus kepada mahasiswa, mahasiswa dituntut untuk memilih tujuan pembelajaran sendiri dan memilih sumber-sumber pembelajaran yang berkaitan dengan tujuan pembelajaran dibawah bimbingan dosen (Goncalves 2008). Ini sangat penting karena dapat mendorong mahasiswauntukmelanjutkan pembelajaran sepanjang kehidupan profesional setelah mereka lulus, menjadikan lebih aktif, dapat mengeluarkan ide kreatif, sehingga dapat meningkatkan kemampuan sebagai sarjana Teknik Industri yang berkompeten dan lebih siap dalam menghadapi lingkungan dinamis dunia kerja.Namun apakah pembelajaran berdasarkan permasalahan (problem-basedlearning) dan pembelajaran berdasarkan proyek (project-based learning), yang keduanya merupakan metode student-centred learningadalah sama? Dari kajian ini disimpulkan bahwa pembelajaran berdasarkan permasalahan (problem-basedlearning) dan pembelajaran berdasarkan proyek (project-based learning) tidaklah sepenuhnya sama. Hal ini disebabkan karena sifat keilmuan pada pendidikan keteknikan adalah hirarkis, bukan ensiklopedik seperti pendidikan kedokteran dan kesehatan.Pendidikan Teknik Industri lebih tepat menerapkan pembelajaran yang berdasarkan proyek (project-based learning) yang melibatkan kegiatankelompok dan pengalaman proyek yang lebih merepresentasikanpekerjaan profesional keteknikan.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.015625 second(s)