Anda belum login :: 23 Nov 2024 03:27 WIB
Detail
ArtikelANALISIS PERSAINGAN PENYEDIA JASA TELEKOMUNIKASI CDMA BERDASARKAN ATRIBUT KEKUATAN MEREK  
Oleh: Kamil, Insannul ; Vitas, Pramita Sari
Jenis: Article from Proceeding
Dalam koleksi: Prosiding Seminar Nasional Teknik Industri Badan Kerjasama Penyelenggara Pendidikan Tinggi Teknik Industri (BKSTI) 2014: Bukittinggi, 2-4 September 2014, page 5: 306-311.
Topik: Provider; Kekuatan merek; Loyalitas merek dan CDMA
Fulltext: 49. bksti7-560 (Insannul Kamil, Pramita Sari Vitas) 306-311.pdf (334.74KB)
Isi artikelSeiring dengan semakin meningkatnya penggunaan teknologi CDMA(Code Division Multiple Accsess)maka persaingan antara penyedia jasa telekomunikasi (provider) CDMA tidak dapat dihindari. Persaingan yang terjadi tidak lagi terbatas pada atribut fungsional produk (seperti kegunaan produk), melainkan juga pada merek yang mampu memberikan citra khusus bagi pemakainya. Untuk dapat memenangkan persaingan, masing-masing provider harus berupaya untuk berada di deretan terdepan dalam pikiran konsumen pada saat konsumen membutuhkanlayanan telekomunikasi terbaik. Untuk mencapai hal tersebut, provider CDMA harus mengetahui posisi kekuatan merek dari setiap produk yang ditawarkan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui persaingan provider CDMA berdasarkan kekuatan merek. Model yang dipakai adalah model Aaker (1996) tentang variabel-variabel kekuatan merek yang terdiri dari kesadaran merek, asosiasi merek, kualitas merek dan loyalitas merek. Pengolahan data menggunakan regresi linier untuk mengetahui variabel yang berpengaruh signifikan, pada provider X dan Y yang telah ditentukan. Kajian yang dilakukan berhasil mendapatkanbahwa dari empat variabel kekuatan merek yang digunakan diperoleh bahwa kekuatan merek provider Xdipengaruhi oleh dua variabel yaitu kualitas merek dengan nilai signifikansi sebesar 0,044 dan loyalitas merek dengan signifikansi sebesar 0,009, hal ini berarti probabilitas kesalahan dari kedua variabel tersebut untuk dapat berpengaruh terhadap kekuatan merek kecil dari batas maksimal kesalahan yang ditetapkan yaitu 0,05,sehingga variabel kualitas merek dan variabel loyalitas merek dapat disimpulkan berpengaruh signifikan terhadap kekuatan merek X. Sedangkan untuk kekuatan merek Ydipengaruhi oleh asosiasi merek dengan nilai signifikansi 0,032 dan loyalitas merek dengan nilai signifikansi sebesar 0,001, yang artinya probabilitas kesalahan dari kedua variabeltersebut untuk dapat berpengaruh terhadap kekuatan merek kecil dari batas maksimal kesalahan yang ditetapkan yaitu 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwavariabel asosiasi merek dan variabel loyalitas merek berpengaruh signifikan terhadap kekuatan merek Y.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)