Anda belum login :: 23 Nov 2024 03:52 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
PENERAPAN METODESERVQUAL DAN MODEL KANO DALAM PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN (Studi Kasus Lembaga Pendidikan Bahasa Asing di Kota Padang)
Oleh:
Kamil, Insannul
;
Maulana, Dita
Jenis:
Article from Proceeding
Dalam koleksi:
Prosiding Seminar Nasional Teknik Industri Badan Kerjasama Penyelenggara Pendidikan Tinggi Teknik Industri (BKSTI) 2014: Bukittinggi, 2-4 September 2014
,
page 5: 300-305.
Topik:
Kualitas Pelayanan
;
Kepuasan Konsumen
;
Metode SERVQUAL dan Model KANO
Fulltext:
48. bksti7-559 (Insannul Kamil, Dita Maulana) 300-305.pdf
(284.49KB)
Isi artikel
Kebutuhan untuk mendapatkan kualitas kemampuan komunikasi bahasa asing yang baik membuat persaingan sesama penyelenggara kursus pendidikan bahasa asing semakin tinggi. Penyelenggara kursus pendidikan bahasa asing dihadapkan kepada keharusan melakukan perencanaan strategi dengan berorientasi pada kepuasan konsumen. Pengukuran kualitas pelayanan dapat dilakukan untuk merencanakan strategiyang akan digunakan dalam meningkatkan kepuasan konsumen. Penelitian ini dilakukan untuk mengukur kualitas pelayanan penyelenggara kursus pendidikan bahasa asing berdasarkan disparitas antara layanan yang didapatkan dengan layanan idealyang diharapkan konsumen. Metode SERVQUAL dan Model KANO digunakan mendapatkan prioritas strategi perbaikan dalam meningkatkan kepuasan konsumenpada lembaga pendidikan bahasa asing X dan Y di Kota Padang. Dari penelitian yang dilakukan didapatkan tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan lembaga pendidikan bahasa asing X adalah sebesar 89,3% dan tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan lembaga pendidikan bahasa asing Yadalah sebesar 82,8%. Prioritas perbaikan pada lembaga pendidikan bahasa asing X adalah biaya masuk yang murah, fasilitas ruangan yang nyaman dan staf pengajar memberikan informasi yang jelas kepada siswa didik. Pedangkan prioritas perbaikan untuk lembaga pendidikan bahasa asing Y adalahsikap karyawan dan staf pengajar yang selalu ramah dan membantu siswa didik.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0 second(s)