Anda belum login :: 23 Nov 2024 03:34 WIB
Detail
ArtikelPerumusan Rancangan Komunikasi Pemasaran Usaha Kecil Menengah Ti Sukamenak (TS)  
Oleh: Daswan, Trisa Dini ; Rohayati, Yati
Jenis: Article from Proceeding
Dalam koleksi: Prosiding Seminar Nasional Teknik Industri Badan Kerjasama Penyelenggara Pendidikan Tinggi Teknik Industri (BKSTI) 2014: Bukittinggi, 2-4 September 2014, page 5: 278-285.
Topik: UKM; komunikasi pemasaran; kemasan; media sosial.
Fulltext: 45. bksti7-556 (Trisa Dini Daswan, Yati Rohayati) 278-285.pdf (354.15KB)
Isi artikelUsaha Kecil Menengah (UKM) Ti Sukamenak merupakan salah satu pelaku ekonomi yang memiliki keterbatasan dana, pengetahuan, dan sumber daya manusia untuk melakukan komunikasi pemasaran. Oleh karena itu, dilakukan sebuah penelitian untuk merumuskan rancangan komunikasi pemasaran yang efektif, efisien dan dapat diimplementasikan oleh UKM Ti Sukamenak (TS) yang berada di Pangalengan, Kabupaten Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan benchmarkingdengan melakukan wawancaramendalam dan observasi untuk memperoleh data berupa informasi tentang komunikasi pemasaran yang dilakukan kepada UKM TS, UKM TK (Pesaing), UKM lain dan produk serupa. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan data berupa informasi tentang praktek komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh UKM-UKM di Indonesia yang berasal dari publikasi ilmiah, buku literatur, majalah pemerintah, dan internet. Berdasarkan hasil benchmarkingyang dilakukan terhadap UKM lain dan produk serupa yang telah ada di pasaran, maka alat komunikasi pemasaran yang dapat digunakan oleh UKM TS terdiri dari tigabentuk, yaitu mengembangkan desain kemasan, memanfaatkan media sosialdan mengikuti pameran. Kemasan yang dirancang terdiri dari unsur desain dan grafis, ukuran dan bentuk, informasi pada kemasan, dan jenis material. Konten media sosial yang dirancang terdiri dari informasi, promosi, motivasi, dan diskusi.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0 second(s)