Anda belum login :: 23 Nov 2024 03:46 WIB
Detail
ArtikelANALISA OUTPUT PRODUKSI PADA PROSES PENGEPAKAN PABRIK GULA XYZ DENGAN METODE STOPWATCH TIME STUDY  
Oleh: Efranto, Remba Yanuar
Jenis: Article from Proceeding
Dalam koleksi: Prosiding Seminar Nasional Teknologi Industri (SNTI) ke-IV: Inovasi Teknologi Ramah Lingkungan untuk Penguatan Daya Saing Industri di Jakarta, 4-5 Juni 2014 - Buku II, page 144: 1-6.
Topik: time study; waktu standar; pengepakan
Fulltext: 144 1-6.pdf (267.35KB)
Isi artikelPencapaian target produksi perusahaan menjadi salah satu indikator pengukuran kinerja perusahaan. Dalam pelaksanaannya, target produksi terkadang tidak mempertimbangkan kemampuan stasiun kerja dalam menghasilkan output produksi. Ketidakseimbangan tersebut menyebabkan target menjadi tidak tercapai sehingga tujuan perusahaan juga tidak terealisasi. Pabrik Gula XYZ (PG XYZ) selama ini kurang memperhatikan pertimbangan output standar dalam penentan target produksinya. Penetapan target tidak dilakukan baik pada proses pengepakan gula 50 kg dan gula 1 kg, tetapi PG XYZ hanya memberikan target produksi secara keseluruhan produk saja. Untuk itu perlu dilakukan pengukuran kerja pada karyawan pengepakan gula 50 kg untuk mengetahui apakah waktu standar pada setiap shift kerja sudah sesuai dengan target produksi yang dimiliki perusahaan. Hal ini dilakukan sebagai langkah awal untuk mengetahui jumlah target pengeakan yang sesuai dengan kapasitas kerja para karyawan pada setiap shift per harinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode stopwatch time study atau metode jam henti. Berdasarkan hasil pengolahan data menunjukkan bahwa output standar yang diperoleh sebesar 359 karung 50 kg dalam 1 shift (8 jam). Selama 3 shift, dapat dihitung bahwa PG XYZ dapat menghasilkan 1077 karung ukuran 50 kg. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa target perusahaan sebesar 1650 karung/hari perlu dievaluasi lebih lanjut.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)