Anda belum login :: 23 Nov 2024 03:40 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
ANALISIS TINGKAT STRESS KERJA KARYAWAN DIVISI QUALITY ASSURANCE DAN DIVISI QUALITY CONTROL DI PT. X
Oleh:
Anggraeni, Shanti K.
;
Sirajuddin
;
Adam, Ivan Ibrahim
Jenis:
Article from Proceeding
Dalam koleksi:
Prosiding Seminar Nasional Teknologi Industri (SNTI) ke-IV: Inovasi Teknologi Ramah Lingkungan untuk Penguatan Daya Saing Industri di Jakarta, 4-5 Juni 2014 - Buku II
,
page 119: 1-6.
Topik:
produktivitas
;
stress kerja
;
kriteria Greenberg
Fulltext:
119 1-6.pdf
(180.66KB)
Isi artikel
Stres mempunyai posisi yang penting dalam kaitannya dengan produktivitas sumberdaya manusia. Selain dipengaruhi oleh faktor-faktor yang ada dalam diri individu, stres juga dipengaruhi oleh faktor dari lingkungan dan organisasi. Untuk memperoleh peningkatan kinerja, perusahaan dan karyawan harus bersama-sama menjamin agar faktor stres kerja dapat dikelola secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat stress kerja karyawan pada divisi QA dan divisi QC di PT. X. Kriteria yang digunakan sebagai acuan pengukuran tingkat stress adalah kriteria Greenberg, yaitu sumber intrinsik pada pekerjaan, peran dalam organisasi, perkembangan karir, dan hubungan relasi di tempat kerja. Obyek penelitian adalah karyawan yang bekerja di QA (Quality Assurance) dan QC (Quality Control) terdiri dari level manajer, supervisor, dan staff. Karyawan tersebut harus telah bekerja sebagai karyawan tetap dengan masa kerja lebih dari 1 tahun, dengan pertimbangan masa kerja ini sudah dapat beradaptasi dengan tuntutan pekerjaannya, sehingga stress yang (mungkin) ada bukan karena penyesuaian lingkungan kerja baru. Pengolahan data dilakukan dengan cara mencari nilai atau skor rata-rata tiap item, dilanjutkan dengan uji t untuk melihat signifikansi perbedaannya. Dari hasil perhitungan diperoleh hasil bahwa tingkat stress kerja di divisi QA PT. X adalah 3.09 (sedang) dan 2.65 (sedang) pada divisi QC. Sedangkan perbedaan tingkat stress yang signifikan antara divisi QA dengan divisi QC terdapat pada pada 3 faktor, yaitu faktor Sumber Intrinsik pada Pekerjaan, faktor Peran dalam Organisasi, dan faktor Hubungan Relasi di Tempat Kerja.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.015625 second(s)