Anda belum login :: 23 Nov 2024 03:13 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
PERANCANGAN GAME “CLEAN UP” BERBASIS ANDROID SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KESADARAN AKAN KEBERSIHAN LINGKUNGAN PADA ANAK
Oleh:
Lazarusli, Irene A.
;
Mitra, Aditya R.
;
Vincent.
Jenis:
Article from Proceeding
Dalam koleksi:
Prosiding Seminar Nasional Teknologi Industri (SNTI) ke-IV: Inovasi Teknologi Ramah Lingkungan untuk Penguatan Daya Saing Industri di Jakarta, 4-5 Juni 2014 - Buku II
,
page 112: 1-6.
Topik:
Game
;
Environment
;
Sanitation
;
Garbage
;
Children
;
Android
Fulltext:
112 1-6.pdf
(505.94KB)
Isi artikel
Meningkatkan kesadaran akan pentingnya konservasi lingkungan tidak hanya menjadi bagian dari tanggung jawab orang dewasa, namun pola pikir akan kesadaran lingkungan juga sangat perlu untuk diinvestasikan sejak dini pada anak-anak sepanjang fase pertumbuhan mereka. Melalui berbagai kegiatan pelestarian lingkungan, anak-anak diharapkan untuk mengambil peran yang sederhana dan memahami pentingnya menjaga kebersihan lingkungan . Dimulai dari tindakan sederhana dengan menghindari membuang sampah secara tidak benar dan mengambil sampah kering di jalan yang bersifat non - organik dan ringan , anak-anak bisa belajar hal ini melalui kegiatan sehari-hari sesuai dengan kemampuan mereka . Sehubungan dengan sanitasi lingkungan yang diperkenalkan kepada anak-anak, penelitian ini membahas mengenai bagaimana permainan interaktif dapat dimanfaatkan untuk memperkenalkan konsep dasar menjaga kebersihan lingkungan ke dalam tindakan nyata, yaitu mengambil sampah . Dalam penelitian ini, dikembangkan sebuah permainan interaktif berbasis Android yang diberi judul "Clean Up". Game ini memberikan pengetahuan umum sekaligus berusaha mengajarkan pentingnya kebersihan lingkungan. Dalam mengevaluasi manfaat atau dampak dari permainan ini, sejumlah dua belas anak berusia 5-6 tahun yang memiliki beberapa pengalaman dengan perangkat Android dilibatkan. Dari pengamatan, sepuluh dari dua belas anak-anak dapat bermain game tanpa bantuan apapun; sedangkan sisanya menjadi lebih akrab dengan permainan setelah bermain dua kali atau tiga kali . Sedangkan dari sudut pandang kepuasan yang ditawarkan oleh permainan, semua anak menyatakan minat dan antusiasme mereka dalam bermain game.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.015625 second(s)