Anda belum login :: 24 Nov 2024 10:43 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Evaluasi atas Pengendalian Intern dalam Prosedur Penjualan pada PT Rodamas
Bibliografi
Author:
Simon, Margareth Daby
;
Sunidja, Muliadi
(Advisor)
Topik:
ACCOUNTING SYSTEM
;
Prosedur Akuntansi
;
Prosedur Penjualan
;
Usaha Industri
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
1999
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Margareth Daby Simon's Undergraduate Theses.pdf
(2.04MB;
0 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FEA-1449
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Kemajuan teknologi dan perkembangan perekonomian yang amat pesat dewasa ini mendorong timbulnya persaingan yang ketat di antara perusahaan-perusahaan yang memanfaatkan kemajuan teknologi. Persaingan tersebut menuntut manajemen untuk mengelola kegiatan usahanya secara efektif dan efisien. Pada setiap perusahaan penjualan menempatkan masalah yang paling vital baik dalam perusahaan industri, jasa, maupun distribusi. Mereka semua mempunyai tujuan yang sama yaitu memperoleh taba semaksimal mungkin. Penjualan yang besar belum tentu akan memberikan keuntungan yang besar bila tidak disertai dengan adanya efisiensi dalam operasi perusahaan. Di dalam menilai atau mengukur besar kecilnya laba perusahaan biasanya dilakukan dengan cara membandingkan dengan suatu jangka waktu tertentu. Dikatakan dalam jangka waktu tertentu berarti adanya alokasi biaya atau biaya yang dibebankan sesuai dengan terjadinya penjualan. Tingkat penjualan yang tinggi tidak dapat dijadikan dasar untuk mengatakan bahwa prosedur penjualan yang dilaksanakan tersebut telah memenuhi sistem pengendalian intern yang baik nilai penjualan yang tinggi bisa saja disebabkan karena faktor spekulasi dari pelanggan, lolosnya order penjualan, analisa piutang dagang yang tidak akurat, dan prosedur penjualan yang tidak dijalankan sebagaimana mestinya dapat membawa suatu dampak yang luas seperti kondisi keuangan perusahaan yang tidak sehat, karena banyak piutang yang tidak tertagih, retur penjualan dan banyaknya barang yang rusak dimusnahkan yang kesemuanya ini memperkecil pendapatan. Dengan melakukan analisa dan pengamatan terhadap sistem pengendalian atas prosedur penjualan yang diterapkan pada PT. RODAMAS, penulis menemukan beberapa kelemahan-kelemahan dalam perusahaan, yaitu: 1. Sesuai dengan prinsip pengendalian intern yang baik, maka sebaiknya semua dokumen yang digunakan dicetak dengan pemberian nomor. 2. Sebaiknya invoice yang sudah dibuat, diperiksa dan disetujui dan dibubuhkan tanda tangan sebagai bukti bahwa invoice tersebut telah diperiksa kebenarannya. 3. Sebaiknya dalam jangka waktu tertentu mengadakan pemeriksaan secara mendadak, misal: pemeriksaan fisik kas apakah sesuai dengan pencatatannya atau tidak. Dengan demikian terlihat bahwa melalui pengawasan dan pengendalian intern yang terperinci akan dapat menemukan kelemahan-kelemahan perusahaan dan faktor-faktor penyebabnya sehingga tindakan pencegahan dan perbaikan dapat segera diambil untuk meningkatkan pengendalian yang sudah ada.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.34375 second(s)