Anda belum login :: 23 Nov 2024 03:33 WIB
Detail
ArtikelIDENTIFIKASI PERILAKU PENGENDARA REMAJA DI JALAN RAYA SEBAGAI UPAYA AWAL MENGURANGI ANGKA KECELAKAAN LALU LINTAS  
Oleh: Widyanti, A. ; Sunaryo, I. ; Ash Shofi, Z. ; Hana
Jenis: Article from Proceeding
Dalam koleksi: Prosiding Seminar Nasional Teknologi Industri (SNTI) ke-IV: Inovasi Teknologi Ramah Lingkungan untuk Penguatan Daya Saing Industri di Jakarta, 4-5 Juni 2014 - Buku II, page 088: 1-6.
Topik: perilaku; berkendara; remaja; Driver Behavior Questionnaire
Fulltext: 088 1-6.pdf (209.77KB)
Isi artikelAngka kecelakaan lalu lintas di Indonesia menunjukkan angka yang sangat tinggi, bahkan menempati urutan ketiga sebagai pembunuh terbesar di Indonesia. Dampak kecelakaan lalu lintas yang terjadi tidak hanya menimbulkan korban jiwa, melainkan juga kerugian harta benda. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi perilaku pengendara remaja di jalan raya sebagai upaya untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia. Metode yang digunakan adalah survey terhadap pengendara dengan menggunakan tools Manchester Driver Behavior Questionnaire (DBQ) yang mencakup 4 aspek dalam berkendara yaitu aggressive violations, ordinary violastions, errors, dan elapses. Sebanyak 151 responden berpartisipasi dalam penelitian ini (rata-rata usia = 19.9 tahun, SD = 1.2 tahun, dengan 57 responden perempuan). Responden merupakan pengendara yang memiliki SIM dan memiliki pengalaman berkendara mobil minimal 1 tahun. Pemilihan responden dilakukan dengan menggunakan metode purposive random sampling. Hasil survei menunjukkan bahwa sebagian besar responden menunjukkan perilaku antara jarang dan kadang-kadang melakukan hal yang mengarah pada terjadinya kecelakaan. Hasil penelitian ini akan dibahas lebih lanjut berkaitan dengan langkah penelitian selanjutnya serta implikasinya terhadap kondisi berkendara di Indonesia.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.03125 second(s)