Anda belum login :: 17 Feb 2025 08:48 WIB
Detail
ArtikelPENINGKATAN KUALITAS LAYANAN RESTORAN MENGGUNAKAN MODIFIKASI METODE DINESERV DAN TRIZ  
Oleh: Anggraeni, Ira Tania ; Daryanto, Yosef
Jenis: Article from Proceeding
Dalam koleksi: Prosiding Seminar Nasional Teknologi Industri (SNTI) ke-IV: Inovasi Teknologi Ramah Lingkungan untuk Penguatan Daya Saing Industri di Jakarta, 4-5 Juni 2014 - Buku I, page 070: 1-6.
Topik: kualitas layanan; modifikasi DINESERV; metode TRIZ
Fulltext: 070 1-6.pdf (218.36KB)
Isi artikelPasta Banget merupakan salah satu restoran yang mengusung menu makanan Italia di Yogyakarta. Banyaknya pesaing sejenis menuntut Pasta Banget selalu melakukan peningkatan kualitas layanan. Untuk itu, perusahaan perlu mengetahui atribut layanan yang dinilai belum memuaskan oleh pelanggan dan mencari solusi perbaikannya. Metode yang digunakan untuk mengukur kualitas layanan adalah modifikasi dari DINESERV. Metode ini mengandung 32 atribut untuk mengukur kualitas pelayanan berdasarkan 5 dimensi kualitas jasa. Kuesioner dibuat berdasarkan pada SERVPERF yang mengukur kualitas layanan berdasarkan kinerja dari layanan yang dirasakan pelanggan. Selanjutnya perancangan solusi dilakukan pada 3 atribut dengan kinerja layanan terendah menggunakan metode TRIZ. Tiga atribut dengan kinerja layanan terendah secara berturut-turut adalah tampak luar bangunan yang tidak menarik, buku menu tidak menarik dan tidak mencerminkan citra restoran, serta buku menu tidak mudah dibaca dan dipahami. Solusi yang dihasilkan untuk memperbaiki tampak luar bangunan yaitu menambahkan lampu hiasan penerang, menjalankan jadwal perawatan luar bangunan sesuai SOP, dan merancang ulang bentuk billboard restoran dari bentuk bulat ke bentuk asimetris. Solusi untuk memperbaiki tampilan menu adalah merancang buku menu baru. Buku menu usulan diperbaiki baik dari segi desain, warna, jenis dan ukuran tulisan, serta penambahan gambar-gambar contoh makanan, minuman dan jenis pasta.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)