Dalam penulisan skripsi ini, penulis hendak mengetahui strategi promosi yang digunakan perusahaan dalam meningkatkan penjualan, untuk mengetahui peranan promosi dalam rangka meningkatkan volume penjualan, serta untuk mengetahui masalah promosi yang dihadapi perusahaan dalam rangka pencapaian tujuan perusahaan. Penulis menyimpulkan data, baik data primer maupun data sekunder yang diperlukan melalui riset. Adapun riset adalah: Suatu kegiatan pengumpulan, pengolahan, penyajian dan analisis data yang dilakukan secara sistematis dan efisien untuk memecahkan persoalan ataupun menguji hipotesa. Untuk mencapai maksud tersebut, penulis menggunakan 2 riset: Riset Lapangan, dan Riset perpustakaan. Dari hasil perhitungan dan analisa yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa secara relatif aktivitas promosi yang dilakukan perusahaan mempunyai pengaruh yang besar terhadap peningkatan pendapatan sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor di luar kegiatan promosi seperti harga, distribusi, lingkungan mikro (intern perusahaan) dan lingkungan makro (situasi politik, kebijaksanaan pemerintah dan lain-lain). Persamaan regresi tersebut menunjukkan bahwa jika biaya promosi dinaikkan/diturunkan dan variabel-variabei lainnya tidak mengalami perubahan, maka setiap kenaikkan/penurunan Rp. 1,- biaya promosi akan menyebabkan kenaikkan/penurunan Rp. 644,12 nilai pendapatan. Sedangkan variabel b menunjukkan besarnya pengaruh parameter terhadap tingkat penjualan adalah sebesar Rp. 8,47,- apabila biaya promosi (X) adalah nol. Jadi dengan demikian kegiatan promosi perlu dilaksanakan secara intensif oleh PT Matahari Lintas Cakrawala, hal ini dapat dilihat dari hubungan promosi dalam meningkatkan pendapatan peranannya sangat besar. Adapun dalam hubungan dan tindak lanjut perusahaan terhadap hal tersebut maka perusahaan dapat melakukan beberapa hal seperti mengambil alih pemasaran dekoder yang selama ini diserahkan kepada distributor, mengadakan pelatihan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia mulai dari tingkat atas sampai dengan tingkat bawah, meningkatkan kuantitas dan kualitas program-program saluran yang ada di Indovision, dan mengurangi aktivitas promosi yang kurang menguntungkan atau kurang efisien. |