Anda belum login :: 23 Nov 2024 03:59 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Apakah Jenis Kelamin Berpengaruh Terhadap Jenis Kecerdasan Ganda ?
Oleh:
Susanto, Karim
;
Sasmita, Poppy Kristina
;
DESYI
;
LIMANTARA, ALEXIUS LEONARD
;
Halim, Fitria
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI - atma jaya
Dalam koleksi:
Majalah Kedokteran Damianus vol. 13 no. 01 (Feb. 2014)
,
page 1-8.
Topik:
Jenis Kelamin
;
Kecerdasan Kinestetik
;
Kecerdasan Ganda
;
Kecerdasan Musikal
Fulltext:
225-373-1-SM.pdf
(96.15KB)
Ketersediaan
Perpustakaan FK
Nomor Panggil:
D01.K
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 0)
Tandon:
tidak ada
Lihat Detail Induk
Isi artikel
Latar Belakang: Gardner merbagi 8 jenis kecerdasan yang dimiliki setiap orang, yaitu kecerdasan linguistik, logika-matematika, musikal, kinestetik, visual spasial, interpersonal, intrapersonal, dan natural. Setiap individu memiliki 8 kecerdasan tersebut., namun tergantung jenis mana yang paling dominan. Tujuan : mengetahui perbedaan jenis kecerdasan ganda berdasarkan jenis kelamin pada mahasiswa fakultas kedokteran Unika Atma Jaya (FKUAJ) angkatan 2008. Metode: penelitian bersifat deskritif dan menggunakan desain ptotong lintang dengan jumlah subjek 174 orang. Kriteria inklusi: mahasiswa angkatan 2008 dan bersedia mengikuti penelitian. Masing-masing responden diminta untuk mengisi kuesioner mengenai kecerdasan ganda yang telah disediakan peneliti. hasil: sebagian besar responden berumur 21 tahun (77,0%), berjenis kelamin perpempuan (60,9%) dan memiliki kecendrungan musikal (35,6%). Pada responden Laki-laki memiliki kinestetik lebih dominan di bandingkan responden perempuan (29,4% vs 3,8%); sedangkan pada perpempuan memiliki kecerdasan musikal lebih dominan dibandingkan responden laki-laki (36,6% vs 25,0%) (p<0,0001). Kesimpulan: Terdapat perbedaan signifikan pada kecerdasan ganda yang dominan pada responden laki-laki dan perempuan.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.03125 second(s)