PT. Sandimas Reksakeramika Granito dituntut untuk dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan pasar sasaran, serta memuaskannya secara lebih efektif dan efisien daripada pesaingnya. Karena itu, perusahaan perlu melakukan kegiatan pemasaran yang bersifat aktif. Dalam upaya untuk dapat memasarkan produknya dengan baik, perusahaan perlu menerapkan strategi promosi yang tepat yang akhirnya dapat meningkatkan penjualan perusahaan dan mencapai tujuan perusahaan yaitu laba yang maksimal. PT. Sandimas Reksakeramika Granito memproduksi granito tile yang termasuk barang industrial sehingga perusahaan dalam memasarkan produknya menggunakan salah satu alat promosi yang cocok untuk barang industrial yaitu penjualan perorangan, disamping sarana promosi lainnya seperti promosi penjualan, periklanan, publisitas. Berdasarkan hal tersebut di atas, maka penulis tertarik untuk mengetahui secara mendalam tentang kegiatan penjualan perorangan pada PT. Sandimas Reksakeramika Granito. Selaku penantang pasar (Market Challenger), PT. Sandimas Reksakeramika Granito juga melaksanakan berbagai kebijakan pada setiap elemen bauran pemasaran meliputi produk, harga, distribusi, dan promosi, sehingga dapat memasarkan produknya dengan baik dan dapat meningkatkan penjualan. Dengan demikian, PT. Sandimas Reksakeramika Granito dapat bersaing dengan pemimpin pasar (Market Leader). Dari hasil penelitian dan analisa yang dilakukan, dapat dilihat bahwa ada keterkaitan yang erat antara penjualan perorangan dengan hasil penjualan, ini berarti strategi penjualan perorangan yang diterapkan perusahaan dalam operasionalnya dapat membantu meningkatkan penjualan perusahaan. Maka, hendaknya perusahaan terus berusaha untuk melaksanakan dan mengelola kegiatan penjualan perorangan yang telah dilakukannya dengan lebih baik lagi sehingga dapat menunjang strategi pemasaran lainnya yang pada akhimya dapat memberikan dampak yang positif terhadap keberhasilan pemasaran perusahaan. |