PT. SB adalah suatu perusahaan yang bergerak dalam bisnis perhiasan emas yang diawali dengan penjualan keliling dan kini telah berkembang menjadi suatu pabrik dan beberapa toko yang salah satunya dibahas dalam skripsi ini, yaitu toko "JV" di Kuta-Bali. Dalam dunia perdagangan dewasa ini, persaingan semakin ketat. Banyak perusahaan bersaing untuk menjual produknya dengan harga yang murah dan kualitas yang baik, begitupun yang dilakukan oleh PT SB. Atas dasar ini penulis mencoba untuk membantu perusahan dalam menganalisa persepsi konsumen terhadap produk perhiasan emas yang dihasilkan, dimana rnenyangkut segi kualitas, harga, model/trend, pelayanan serta promosi. Penelitian dilakukan dengan penyebaran 250 angket terhadap pembeli dengan frekuensi rata-rata kunjungan 3-4 kali, dimana pertanyaan yang diajukan berkaitan dengan 4P dan pelayanan dari toko "JV" serta kemampuan perusahaan dalam bersaing dengan perusahaan lainnya. Hasil analisa yang diperoleh melalui pendapat konsumen dalam penelitian ini adalah perusahaan harus memperhatikan usaha promosinya untuk lebih memperkenalkan produk-produk yang dihasilkan, antara lain dengan memberikan informasi yang benar mengenai produk perhiasan emas sehingga image yang baik yang telah terbentuk di benak konsumen dapat tetap terjaga serta mampu menawarkan produk yang lebih beragam variasinya walaupun telah mempunyai nilai positif dengan keunikan, mutu, dan harga, serta didukung oleh pejayanan yang ramah. |