Secara umum materi pembahasan skripsi ini didasarkan pada penelitian untuk menganalisa kepuasan konsumen terhadap TOPS pasar swalayan atas pelayanannya yang diberikan kepada konsumen yang meliputi: menyediakan produk yang mencakup kelengkapan, susunan dan kualitas barang yang baik serta pelayanan prima yang terdiri dari keamanan berbelanja, pelayanan wiraniaga dan sebagaiaya. Metode yang digunakan penulis adalah dengan melakukan wawancara langsung di dalam perusahaan, membaca buku-buku serta melakukan riset di lapangan dengan memberikan kuesioner kepada konsumen TOPS. Kuesioner tersebut terdiri dari 20 pertanyaan yang kemudian dikelompokan ke dalam 5 atribut, yaitu: Dimensi asortimen barang, Dimensi harga, Dimensi respek terhadap konsumen, Dimensi menghemat waktu dan energi konsumen dan Dimensi menyenangkan dalam berbelanja, kemudian dari basil riset tersebut, akan diukur dan ditabulasikan sehingga dapat diketahui sejauh mana kepuasan konsumen terhadap TOPS pasar awalayan. Dari hasil penelitian yang dilakukan penulis diperoleh kesimpulan bahwa konsumen sudah cukup puas terhadap pelayanan yang diberikan TOPS pasar swalayan. Oleh sebab itu TOPS harus mampu mempertahankan atau bahkan meningkatkan mutu pelayanannya sehingga konsumennya pun akan semakin bertambah sehingga mampu bersaing dengan pasar swalayan lainnya. |