Anda belum login :: 23 Nov 2024 11:08 WIB
Detail
BukuPemeriksaan Operasional Atas Penjualan dan Piutang Usaha untuk Meningkatkan Efisiensi dan Efektivitas pada PT "Djaya Beverages Bottling Company"
Bibliografi
Author: Rositawati, Benedicta Erma ; IRAYANI (Advisor)
Topik: ACCOUNTING SYSTEM; Pemeriksaan
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 1998    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Benedicta Erma's Undergraduate Theses.pdf (2.2MB; 3 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FEA-1260
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Penjualan merupakan kegiatan utama dalam menghasilkan laba bagi perusahaan. Dengan adanya penjualan inilah perusahaan mendapatkan income/pemasukan, yang nantinya akan berguna sekali dalam menjaga kelangsungan usaha perusahaan tersebut. Penjualan harus dilakukan dengan hati-hati. Hal ini penting, supaya penjualan yang dilakukan oleh perusahaan, terutama penjualan kreditnya, dapat benar-benar tertagih, sehingga perusahaan tidak mengalami kerugian dan dapat terus berkembang. Untuk mengetahui apakah kegiatan penjualan yang telah dilakukan oleh perusahaan selama ini sudah efisien dan efektif, maka diperlukan adanya pemeriksaan operasional atas kegiatan penjualan tersebut, dimana nantinya akan diberikan rekomendasi/saran perbaikan atas kelemahan yang ditemukan. PT Djaya Beverages Bottling Company adalah objek dari penelitian ini. Perusahaan ini menghasilkan berbagai macam produk minuman yang terkenal, seperti : Coca-Cola, Fanta dan Sprite. Di sini penulis hanya membatasi penelitiannya pada kegiatan penjualan dan penagihan piutang usaha, sesuai dengan judul skripsinya. Cara pelaksanaan pemeriksaan operasional. Ini adalah dengan melakukan pengamatan fisik sekilas yang berguna untuk mengetahui adanya kelemahan tata letak ataupun fasilitas yang belum memadai sehingga menghambat pekerjaan, menganalisa dokumen-dokumen, sistem dan prosedur, serta mengamati pelaksanaan dari sistem tersebut apakah sesuai dengan yang telah ditetapkan. Dari hasil review yang telah dilakukan, maka penulis menemukan beberapa kelemahan, yaitu : kegiatan penjualan yang dilakukan oleh perusahaan belum cukup efektif, sehingga belum mencapai target yang ditetapkan. Demikian pula kegiatan penagihan piutangnya belum cukup baik, karena adanya kenaikan waktu pencairan piutang dari 4,75 hari di tahun 1995 menjadi 6,29 hari pada tahun 1996. Berdasarkan hal-hal tersebut di atas, maka penulis mengajukan beberapa saran guna memperbaiki kelemahan-kelemahan yang ada, seperti : merubah tata letak ruang dan melengkapi fasilitas yang diperfukan, merekrut tenaga sales yang handal serta melakukan program penyegaran bagi tenaga sales lama, memberikan insentif bagi tenaga sales berdasarkan penjualan yang telah dilakukannya, dan melakukan penagihan piutang usahanya secara lebih baik lagi.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.15625 second(s)