Anda belum login :: 23 Nov 2024 00:39 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Layanan Komunikasi Persuasif: Suatu Upaya Peningkatkan Peran Aktif Peserta Tuton Terkategori Pasif
Oleh:
Windarti, Nila Kusuma
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi:
Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh vol. 15 no. 1 (Mar. 2014)
,
page 12-20.
Topik:
komunikasi persuasif
;
layanan
;
peserta tuton pasif
;
tutorial online
;
online tutorial
;
passive participants
;
persuasive communication
;
services
Fulltext:
02 PTJJ 15(1) 2014 Nila, Layanan Komunikasi Persuasif, Irl, 12-20.pdf
(254.64KB)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
JJ143
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 0)
Tandon:
tidak ada
Lihat Detail Induk
Isi artikel
Model komunikasi persuasif bagi peserta tut orial online (tuton) terkategori pasif dikembangkan guna meningkatkan peran a ktif mereka dalam kegiatan tuton . P engem bangan model ini dilakukan mengingat masih banyaknya peserta tuton yang terkategori pasi f pada tiap semester , salah satunya adalah peserta tuton untuk matakuliah Pengantar Ilmu Komunikasi (SKOM 4101) . P adahal peran aktif mereka dalam kegiatan tuton (dalam diskusi maupun pengerjaan tugas) akan berkontribusi secara positif terhadap nila i ujian akhir untuk matakuliah terkait. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research And Development , dengan tahapan sebagai berikut: ( 1) melakukan inventarisasi peserta tuton matakuliah pengantar Ilmu Komunikasi masa registrasi 2013 .1 yang terkategori pasif , ( 2) m elakukan surv a i kepada mahasiswa peserta tuton matakuliah P engantar Ilmu Komunikasi masa registrasi 2013.1 yang terkategori pasif dan terpilih sebagai responden penelitian, guna mengetahui faktor - faktor yang menyebabkan mereka tidak berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan tuton , ( 3) m engembangkan model layanan komunikasi persuasi f , dan ( 4) melakukan u ji coba model kepada responden penelitian dengan menggunakan metode eksperimen yaitu dengan tahapan kegiatan pretest, treatment, posttest. Populasidalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa peserta tuton Pengantar Ilmu Komunikasi kelas 01 pada masa registrasi 2013.1 yang terkategori pasif. Sampel penelitian diambil secara keseluruhan dari populasi. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) a37 peserta tuton PengantarIlmu Komunikasi kelas 01 yang tekategori pasif,(2) faktor yang menjadi alasan ketidakaktifan mereka dalam kegiatan tuton adalah kesibukan kerja, sehingga mereka tidak memiliki waktu untuk berperan aktif dalam kegiatan tuton yang mereka ikuti,(3) model layanan komunikasi persuasif yang dikembangkan adalah layanan komunikasi persuasif berbentuk surat elektronik yang dikirim langsung ke alamat email masing-masing responden, (4) hasil uji coba surat layanan komunikasi persuasif yang dikembangkan menunjukkan bahwa terjadi perubahan perilaku responden, yaitu mereka kemudian menjadi aktif dalam kegiatan tuton yang ditunjukkan dengan pengiriman tugas oleh responden setelah mereka memperoleh surat elektronik yang dikemas dalam bentuk komunikasi persuasif.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0 second(s)