Anda belum login :: 23 Nov 2024 05:18 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Model Pengembangan Kemampuan Pra-Membaca-Menulis Berbasis Karakter
Oleh:
Widuroyekti, Barokah
;
Sulistiyono
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional
Dalam koleksi:
Jurnal Pendidikan (Universitas Terbuka) vol. 15 no. 01 (Mar. 2014)
,
page 1-11.
Topik:
anakusia dini
;
kemampuan pra-membaca-menulis
;
pendidikan karakter
;
early childhood
;
character education
;
pre-reading-writing abilities
Fulltext:
01 JP 15(1) 2014 Barokah, Model Pengembangan Kemampuan, Irl, 1-11.pdf
(159.08KB)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
JJ142
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 0)
Tandon:
tidak ada
Lihat Detail Induk
Isi artikel
Artikel ini disusun berdasarkan penelitian yang bertujuan mengembangkan model pengembangan kemampuan pra-membaca menulis berbasis pendidikan karakter di TK. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan penelitian pengembangan melibatkan guru - guru dan anak - anak di tiga TK Kabupaten Jombang. Prosedur penelitian terdiri atas dua tahap, yakni studi pendahuluan dan pengembangan model. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, kuesioner dan uji validasi pakar,serta hasilnya dianalisis dengan teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru membutuhkan panduan dan model pengembangan kemampuan pra-membaca-menulis berbasis karakter, serta skenario kegiatan pengembangan. Model pengembangan yang dihasilkan memungkinkan anak mengenal tulisan dan mengembangkan kemampuan pra-membaca-menulis melalui cerita. Model pengembanganmemuat nilai karakter pada komponen perencanaan, meliputi: tujuan, materi, dan kegiatan, serta pada pelaksanaan meliputi: pendahuluan,inti, dan penutup .
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.015625 second(s)