Untuk mengetahui kemampuan siswa dalam memahami isi bacaan diperlukan instrumen tes yang memadai. Tujuan utama penelitian ini untuk mengetahui tingkat validitas, reliabilitas, taraf kesukaran, dan daya pembeda instrumen tes kemampuan membaca komprehensif yang disusun untuk siswa kelas V sekolah dasar. Tempat penelitian di Sekolah Dasar Tunas Keluarga Mulia Yayasan Marsudirini dan Sekolah Dasar Santa Maria. Waktu penelitian pada tahun ajaran 1990 / 1991. Metode penelitian adalah metode deskriptif. Populasi penelitian sebanyak 240 siswa. Untuk mengetahui validitas tes diukur dengan criterion related validity, yaitu dengan mengkorelasikan tes kemampuan membaca komprehensif dengan tes kemampuan pemahaman yang digunakan sebagai kriterium. Perhitungan reliabilitas digunakan rumus K-R 20. Hasil penelitian menunjukkan tes ini cukup valid. Koefisien validitas yang dihitung lebih besar daripada koefisien tabel pada taraf signifikansi 1 %, berarti taraf kepercayaan 99 %. Tingkat reliability sebesar 0,71. Rata-rata kesukaran tes 0,52 dengan rentang indeks kesukaran antara 0,17 - 0,86. Daya pembeda tes menunjukkan bahwa dari 46 butir soal yang diteliti 44 butir soal memadai, dua butir soal mempunyai daya pembeda rendah yakni soal nomor 5 dan 33 Revisi untuk penyempurnaan dilakukan terhadap soal nomor: 4 ; 9 ; 23 ; dan 44. |