Pada inasa perkembangan seoraiig anak banyak keterampilan-keterampilan yang hanis ia pelajani. Anak akan dapat menguasai snafu keterampihin sejalan dengan beitanthalmya usia. KeEeran~pilan—keterampilan ini diperlukan oleh anak supaya ia tidak akan mengalami hambatan untuic menguasai keterampilan-kelerampilan lain yang semakin lama semdknl kompleks Keterampitan ini sangat dibutnhkan oleh anak terutaina dalam sosialisa$inya di kemudian baru. keterampilan tersebut diperlukan suatu proses kognitif Penelitian ini hendak niengungkap apa.kaii memang ada hubungan antara kemampuan inteiektuai dengan perilaku adaptif Sampel penelitian adalah anak kelas I SD dan teknik sampling yang digunakan yaitu aksidentai sampling. II)ata diperoleh dengan rnenggunakau 2 alat ukur, yaitu skala perilaku adaplif dati tes CPM. Peiigolahan data dilakukan dengan menggunaka.n baiituan program statisl 1k SPSS fbr 6.0 Windows. Hasil penelitian menunjukkan bantuan antara kemampuan intekktual dengan perilaku adaptif (a = 0,05) |