Anda belum login :: 22 Nov 2024 19:44 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Hubungan antara Kedekatan Emosional Siswa pada Orangtua dan Keberadaan Psikologis Siwa
Oleh:
Trihastuti, Maria Claudia Wahyu
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI - atma jaya
Dalam koleksi:
Psiko-Edukasi: Jurnal Pendidikan, Psikologi dan Konseling vol. 12 no. 1 (May 2014)
,
page 1-13.
Topik:
kedekatan emosional
;
keberadaan psikologis
Fulltext:
Claudia Wahyu.pdf
(220.79KB)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
PP51
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 0)
Tandon:
tidak ada
Lihat Detail Induk
Isi artikel
Kedekatan emosional pada orangtua adalah derajat perasaan aman yang dipersepsi siswa dalam berinteraksi dengan orangtua. Keberadaan psikologis siswa adalah derajat tingkat kepuasan siswa mengenai pengalaman hidup, antara lain berkaitan rasa optimis, rasa mampu mengontrol kehidupan dan penentuan nasib sendiri, penguasaan lingkungan dan kemanjuruan diri (self efficacy), serta pertumbuhan dan kegiatan bermakna (growth dan meaningful pursuits). Penelitian ini merupakan survei dengan menggunakan skala penilaian. Hasil penelitian menunjukan bahwa komponen dimissing attachment style dan komponen secure attachment style adalah dua gaya kedekatan emosioanal pada kedekatan orangtua yang banyak dialami oleh siswa. Pada variabel keberadaan psikologis, sebagian besar siswa memiliki tingkat keberadaan psiklogis pada tingkat klasifikasi sedang. Komponen yang banyak dialami siswa pada penelitian ini adalah komponen optimis dan komponen self efficacy. Hasil analisis korelatif menunjukan bahwa terdapat korelasi negatif antara gaya fearful/avoidance atachment style dan keberadaan psikologis;korelasi negatif antara preoccupied attchment style dan keberadaan psikologis menunjukan hasil yang yang tidak signifikan.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.03125 second(s)