Anda belum login :: 24 Nov 2024 13:30 WIB
Detail
ArtikelTingkat Keterbacaan Buku Teks Cakap Berbahasa Indonesia SMP Kelas VII pada SMP Budya Wacana dan SMP Don Bosco Yogyakarta  
Oleh: Dewi, Rishe Purnama
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI - non-atma jaya
Dalam koleksi: Widya Dharma: Jurnal Kependidikan (Majalah Ilmiah Kependidikan) vol. 26 no. 2 (Apr. 2014), page 201-223.
Topik: Keterbacaan; Buku Teks; Tes Cloze
Ketersediaan
  • Perpustakaan PKPM
    • Nomor Panggil: W77
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterbacaan buku teks Cakap Berbahasa Indonesia SMP kelas VII karangan R.R. Novi Kussuji Indrastuti dan Diah Erna Triningsih yang diterbitkan BSE tahun 2010. Penelitian keterbacaan ini menggunakan tes cloze dengan menghilangkan kata ketujuh. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan panduan penilaian tes cloze kata cocok. Interpretasi skor didasarkan pada kriteria yang disampaikan Hardjasujana, dkk. Populasi penelitian ini sebanyak 24 teks bacaan dan sampel penelitian ini sebanyak 10 teks bacaan. Hasil penelitian pada dua sekolah tersebut diperoleh bahwa tingkat keterbacaan buku teks pada SMP Budya Wacana berkategori frustasi dengan nilai rata-rata sebesar 34.06 dan tingkat keterbacaan pada SMP Don Bosco berkategori instruksional dengan nilai rata-rata sebesar 43,05. Hal ini berarti buku teks tersebut dapat dipergunakan oleh siswa di SMP Don Bosco dengan bimbingan guru dan tidak dapat dipergunakan di SMP Budya Wacana karena terlalu sulit dipahami siswa.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.03125 second(s)