Anda belum login :: 23 Nov 2024 03:55 WIB
Detail
ArtikelUsulan Peningkatan Pelayanan Kesehatan Pada Pertamina Hospital Dumai Dengan Metode Lean Six Sigma  
Oleh: Arif, Muhammad ; Masyhur ; Andini
Jenis: Article from Proceeding
Dalam koleksi: Prosiding Seminar Nasional Teknik Industri Badan Kerjasama Penyelenggara Pendidikan Tinggi Teknik Industri (BKSTI) 2014: Bukittinggi, 2-4 September 2014, page 3: 106-110.
Topik: Pelayanan Kesehatan; FMEA; Lean Six Sigma
Fulltext: 18. bksti7-301 (Muhammad Arif, Andini, Masyhur) 106-110.pdf (282.96KB)
Isi artikelPelayanan kesehatan oleh rumah sakit merupakan satu diantara bentuk perusahaan yang bergerak di sektor pelayanan publik, khususnya pada pelayaan kesehatan masyarakat. Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan karyawan Pertamina dibangun sebuah Rumah Sakit di areal Perumahan Bukit Datuk dengan nama Pertamina Hospital Dumai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelayanan yang diharapkan pasien rawat inap, menilai kelemahan berupa ketidakefektifan pada proses pelayanan kesehatan, serta memberi usulan untuk Pertamina Hospital Dumai dalam meningkatkan tingkat pelayanan kesehatannya agar lebih efektif dan efisien. Teknik yang digunakan untuk mengidentifikasi dan membantu mencari potensi permasalahan kualitas pelayanan kesehatan di hospital tersebut dengan pemakaian FMEA (Failure Mode and Effect Analysis). Berikutnya metode yang digunakan adalah dengan menerapkan konsep lean thinking, untuk mereduksi 7 (tujuh) wasteyangdianggap sangat merugikan dengan metode Lean Six Sigma.Dari penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkandi Pertamina Hospital Dumai diperoleh bahwaekspektasi pasien menunjukkan masih di tahap penilaian cukup puas, dengan nilai rata rata total jawaban kuesioner sebesar 3,28. Sedangkan persepsi pasien menunjukkan bahwa masih di tahap penilaian puas , dengan nilai rata-rata total jawaban kuesioner sebesar 3,51. Setelah melakukan analisis dengan FMEA ketidakfektifannya adalah : kurang disiplin waktu, pengadaan obat lama, perawat kurang ramah, penjelasan obat standar, pelayanan pasien secara bersamaan, kurang profesional mengatasi keluhan, tenaga kerja kurang, kurang tertata rapi, kebersihan masih kurang, taman perlu peremajaan dan tempat jauh dari pusat kota. Untuk meminimalkan wastetersebut terutama dikaitkan dengan kinerja pekerja di rumah sakit, dari pegawai, apoteker, perawat maupun dokter dapat di harapkan dari tingkat kedisiplinannya dalam hadir memulai tugas di setaip harinya, sehingga keluhan terhadap disiplin kehadiran bisa ditingkatkan.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)