Anda belum login :: 23 Nov 2024 03:57 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Usulan Kombinasi Atribut Produk Tas Ransel dengan Menggunakan Analisis Konjoin
Oleh:
Febtyana
;
Nawangpalupi, Catharina Badra
Jenis:
Article from Proceeding
Dalam koleksi:
Prosiding Seminar Nasional Teknik Industri Badan Kerjasama Penyelenggara Pendidikan Tinggi Teknik Industri (BKSTI) 2014: Bukittinggi, 2-4 September 2014
,
page 3: 72-78.
Topik:
analisis konjoin
;
preferensi konsumen
;
tas ransel
;
choice-based conjoint analysis
Fulltext:
13. bksti7-319 (Febtyana, Catharina Badra Nawangpalupi) 72-78.pdf
(381.53KB)
Isi artikel
Kegiatan backpacking merupakan salah satu kegiatan yang menjadi favorit masyarakat pada saat ini. Dalam kegiatan backpacking, tas ransel digunakan untuk membawa barang-barang yang dibutuhkan. Tas ransel ini memiliki variasi model yang cukup banyak, dimana setiap orang memiliki keinginan yang berbeda-beda untuk memilih tas ransel. Maka harus dirancang suatu produk tas ransel yang memiliki kombinasi atribut sesuai dengan preferensi konsumen saat ini agar tas ransel ini laku di pasaran.Kombinasi atribut dapat diselesaikan dengan analisis konjoin. Choice-based conjoint analysismerupakan salah satu metode yang tepat dalam mencari kombinasi atribut yang sesuaidengan keinginan konsumen. Dalam choice-based conjoint analysismenyediakan pendekatan yang lebih realistik dibandingkan metode konjoin lainnya dalam memahami sikap dan tingkah laku konsumen. Metode ini menganalisis level secara agregat tidak hanya secaraindividual saja. Pada metode ini juga konsumen bisa untuk tidak memilih kombinasi atribut yang akan ditawarkan. Dari hasil wawancara pada pengguna kunci tas ransel (yaitu backpackers) dan dari hasil evaluasi terhadap produk tas ransel yang ada di pasar, dipilih tujuh atribut tas ransel yang penting, yaitu volume, pockettambahan, bukaan tas, supporting belt, frame bodyfit, rain cover, dan harga.Kuesioner penentuan preferensi konsumen dengan analisis conjoin disebarkan kepada 200 responden secara online. Penyebaran kuesioner ini ditujukan kepada responden pelajar, mahasiswa dan pekerja di Bandung yang senang melakukan kegiatan backpacking dan yang memiliki tas ransel berukuran 30 sampai 40 liter.Dari hasil pengolahan choice-based conjoint analysis, didapatkan usulan kombinasi atribut yang sesuai dengan preferensi konsumen saat ini sebagai berikut: Volume tas 30 liter, Pocket depan-atas-samping, bukaan tas atas-bawah, suporting belt hipdan chest belt, internal frame bodyfit, adanya rain cover, dan harga Rp.300.000 s/d Rp.500.000
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0 second(s)