Anda belum login :: 23 Nov 2024 03:54 WIB
Detail
ArtikelPengembangan Model University Brand Value pada Perguruan Tinggi Swasta Telkom University (Studi Kasus : Mahasiswa Program Sarjana Telkom University)  
Oleh: Wulandari, Sari ; Wiratmadja, Iwan Inrawan
Jenis: Article from Proceeding
Dalam koleksi: Prosiding Seminar Nasional Teknik Industri Badan Kerjasama Penyelenggara Pendidikan Tinggi Teknik Industri (BKSTI) 2014: Bukittinggi, 2-4 September 2014, page 3: 14-20.
Topik: branding; rebranding; brand equity; perguruan tinggi swasta; Telkom University
Fulltext: 3. bksti7-304 (Sari Wulandari, Iwan Inrawan Wiratmadja) 14-20.pdf (516.36KB)
Isi artikelKekuatan brand merupakan kunci sukses dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat. Pada sektor jasa, brand berfungsi sebagai risk reliever karena memberikan keyakinan bagi konsumen dalam pengambilan keputusan. Perguruan tinggi merupakan jasa pendidikan yang memiliki karakteristik unik dibandingkan dengan jasa lainnya. Telkom University merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Bandung yang telah melakukan rebranding. Rebranding berdampak pada berkurangnya aspek – aspek penting pada brand eksisting. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan model brand equity bagi perguruan tinggi swasta Telkom University dengan mempertimbangkan pengaruhnya terhadap brand preference dan purchase intention sebagai strategi branding. Model brand equity pada perguruan tinggi swasta Telkom University mengacu pada model dasar brand equity, model customer based brand equity, model pengembangan brand equity pada perguruan tinggi internasional, dan model brand equity effect on consumer responses. Penelitian ini menggunakan nama variabel university brand value sebagai nama variabel brand equity, nama variabel university brand preference sebagai nama variabel brand preference serta nama variabel intention to enroll sebagai nama variabel purchase intention pada sektor jasa perguruan tinggi. Model university brand value pada penelitian ini terdiri dari empat konstruk yaitu university quality resources, experience as university student, university identity dan university student engagement. Validasi model menggunakan mahasiswa yang sedang menjalani studi program sarjana sebagai responden penelitian. Validasi ini dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner. Pengolahan data dilakukan menggunakan metode Structural Equation Modeling dengan bantuan software LISREL. Temuan dalam penelitian ini menunjukan bahwa pada perguruan tinggi swasta Telkom University, university quality resources merupakan dimensi brand equity yang dominan dan penting bagi Telkom University untuk membangun brand equity, karena tingginya brand equity akan mempengaruhi tingginya university brand preference secara positif yang mengakibatkan tingginya intention to enroll
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)