Anda belum login :: 23 Nov 2024 04:02 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Optimasi Waktu Pelayanan Pembelian Obat dengan Model Antrian M/M/c
Oleh:
Darsini
;
Warsita
Jenis:
Article from Proceeding
Dalam koleksi:
Prosiding Seminar Nasional Teknik Industri Badan Kerjasama Penyelenggara Pendidikan Tinggi Teknik Industri (BKSTI) 2014: Bukittinggi, 2-4 September 2014
,
page 4: 35-40.
Topik:
Optimasi
;
Fasilitas Pelayanan
;
Antrian
;
M/M/C
Fulltext:
7. bksti7-413 (Darsini, Warsita) 35-40.pdf
(564.87KB)
Isi artikel
Pelayanan merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh suatu fasilitas pelayanan dalan menyediakan keperluan bagi konsumen yang memerlukan pelayanan. Terbatasnya pelayanan akan menimbulkan deret tunggu yang disebut antrian. Dalam penyelenggaraan pelayanan di Apotek Rawat Jalan I RSUD Dr. Moewardi setiap harinya selalu terjadi deret penungguan yang panjang. Sehingga perlu diterapkan model antrian saluran ganda (M/M/c) yang dibuat sesuai kondisi banyaknya petugas yang melayani pada setiap bagian kerja dengan harapan mampu mendapatkan pelayanan yang optimal. Tujuanya untuk menentukan optimasi waktu pelayanan yang digunakan petugas dalam melayai pembelian obat agar terhindar dari antrian yang panjang. Dengan penerapan model antrian M/M/c pada seluruh bagian pelayanan yang berjumlah 6 bagian kemudian dianalisis dengan perhitungan rata-rata biaya tunggu yang optimal dan penentuan tingkat pelayanan yang optimal. Pengolahan data dilakukan dengan pengujian waktu antar kedatangan dan pelayanan, pembentukan distribusi poison untuk pola kedatangan dan ekponensial untuk waktu pelayanan tiap konsumen baru penerapan model antrian M/M/c. Dari analisis perhitungan diperoleh rata-rata waktu pelayanan konsumen terjadi penurunan 13,25% (4,30 menit) yaitu dari 32,50 menit menjadi 28,2 menit. Sedangkan rata-rata tingkat pelayanan selama pengamatan adalah µ = 2 konsumen/jam dari seluruh bagian. Dengan model antrian tingkat pelayanan yang meminimumkan biaya total sistem didapatkan µ= 12 konsumen/jam. Pada pengamatan didapatkan tingkat pelayanan sebesar µ = 2 konsumen / jam dari selruh bagian kerja meminimumkan biaya total sistem tingkat pelayanan dapat ditingkatkan menjadi µ = 12 konsumen/jam. Untuk waktu tunggu yang di derita konsumen terjadi penurunan sebanyak 13,25% (Rp. 50,25) dari Rp. 379,66 menjadi Rp. 329.086. Secara keseluruhan dari hasil optimasi disimpulkan bahwa pelayanan di Apotek Rawat Jalan Dr. Moewardi saat ini jauh dari optimal
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.015625 second(s)